alexametrics

Tak Ada Intervensi, Iswar Resmi Jabat Sekda

Artikel Lain

 RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Iswar Aminuddin resmi menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kota Semarang. Pelantikan dilakukan di ruang Lokakrida Balai Kota Semarang, Kamis (1/8). Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan jika dalam seleksi tersebut tidak ada unsur intervensi dari pihak manapun.

Insya’ Allah prosesnya sudah sesuai tahapan. Saya sudah pesan kepada BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah) untuk melakukan seleksi secara natural, dan Alhamdulillah sudah terpilih,” kata Hendi, sapaan akrabnya usai pelantikan.

Dijelaskan Hendi, proses panjang dilaksanakan dalam seleksi Sekda Kota Semarang ini. Sebelumnya jabatan tersebut sempat diisi oleh dia Pejabat Sementara (Pjs). Pertama dijabat oleh Agus Riyanto, kemudian digantikan oleh Trijoto Sardjoko. Kini sudah dijabat definitif oleh Iswar Aminuddin.

Baca juga:  Bupati Lantik Eko Pringgolaksito Jadi Pj Sekda Pemkab Demak

Hendi menjelaskan, panitia seleksi (pansel) yang bertugas menentukan sekda yang baru ini juga diisi oleh orang-orang yang berkompeten. Anggota pansel terdiri atas Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Rektor Universitas Tujuh Belas Agustus (untag), dua doktor dari Universitas Diponegoro (Undip), dan Plt Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto.

“Pansel Sekda sudah menjalankan tugas dengan sangat baik,” katanya.

Saking berhati-hatinya, pansel bahkan juga mendatangi kediaman kandidat dan menanyakan beberapa hal kepada masyarakat sekitar terkait kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun proses seleksi sebelumnya yaitu dari delapan nama yang mendaftarkan diri sebagai Sekda, akhirnya terpilih tiga kandidat. Kemudian menjalani tahapan selanjutnya untuk diwawancarai Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ia berharap, sekda yang baru dapat menjadi pengayom bagi pegawai Pemkot Semarang. Selain itu, juga menciptakan suasana kondusif, membantu menyelesaikan program-program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang menjelang akhir masa jabatan.

Baca juga:  Maret, 2.723 Non ASN di Semarang Bakal Diputus Kontrak

“Ada tugas khusus bagi Sekda baru. Saya kira dengan kemampuan jaringan yang dimiliki Sekda baru, dia bisa aktif mengambil dana kementerian dan provinsi untuk pembangunan Kota Semarang,” ujarnya.

 

Seperti diketahui, Sekda terpilih Iswar Aminuddin saat ini menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang. Usai pelantikan, Iswar mengatakan akan mengolaborasikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Semarang. Kemudian melakukan percepatan pembangunan sesuai dengan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang.

“Ke depan saya harus mengefektifkan dan mengefisiensikan birokrasi ini. Saya akan meneruskan program dari PJ Sekda sebelumnya,” kata Iswar.

Pihaknya juga akan menggandeng seluruh OPD untuk bekerja dengan kreatif dan inovatif dengan tetap mengikuti aturan yang berlaku.

Baca juga:  Penetapan Sekda Definitif Kabupaten Semarang15 Juli

Terpilihnya Iswar Aminuddin menjadi Sekda tentunya membuat posisi Kepala DPU Kota Semarang kini kosong. Meski begitu, ia tetap yakin pembangunam infrastruktur di Kota Semarang akan berjalan sebagaimana mestinya. “Saya akan terus berkoordinasi dengan rekan-rekan DPU,” ujarnya.

Selama ini, percepatan pembangunan infrastruktur tidak hanya menjadi tanggungjawab DPU. Namun juga Dinas Penataan Ruang (Distaru) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang.

“Ini yang menjadi tugas saya bagaimana kemudian bisa berkolaborasi dengan semua dinas. Sistem, mekanisme, tata kelola yang baik harus dipersiapkan sehingga bisa mempercepat pembangunan infrastruktur,” kata Iswar. (ewb/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya