alexametrics

TNI Siaga di Empat Titik, Lengkap dengan Alutsista

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Sejumlah prajurit TNI dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 15/Dahana Bhaladika Yudha, organik Kodam IV Diponegoro, ditempatkan di sejumlah titik untuk mengintai musuh. Mereka berjaga lengkap dengan sejumlah alutsista.

Tak main-main, alutsista yang mereka bawa terbilang lengkap. Seperti meriam, rudal (peluru kendali) Starstreak terdiri Rapid Ranger atau Multi Mission System (MMS) dan Rapid Rover/Lightweight Multiple Launcher (LML). Para prajurit ditempatkan di empat titik. Yakni di Graha Padma, lapangan Garnisun Kalisari, rooftop MG Suit, dan lapangan Dipoengoro.

Kegiatan tersebut merupakan uji siap tempur sebagai upaya antisipasi dan meningkatkan kemampuan prajurit. Kegiatan digelar selama tiga hari, Senin-Rabu (29-31/7).

Baca juga:  Ada Apel Pengamanan Nataru, Jalan Pemuda Semarang Ditutup Sementara

Danyon Arhanud 15/DBY Letkol Arh Muhammad Ufiz mengatakan, kegiatan uji siap tempur di satuannya merupakan kegiatan rutin untuk menguji kesiapan personel dan alutsista dalam menghadapi ancaman serangan udara.

“Ini berbeda dengan latihan, kegiatan ini disimulasikan manakala ada ancaman serangan udara. Termasuk bagaimana kesiapan personel, kendaraan dan peralatan tempur. Tujuannya agar personel memiliki kesiapan tempur manakala dibutuhkan secara mendadak,” katanya.

Uji kesiapan tempur ini, tambahnya, menggelar dua pucuk meriam penangkis serangan udara di kawasan Graha Padma dan terminal peti kemas yang merupakan kawasan terbuka di pesisir Kota Semarang. Selanjutnya alutsista peluru kendali Starstreak disiagakan di lapangan Garnisun dan Stadion Diponegoro.

“Peluru kendali ini bisa dioperasikan dengan cara digendong, dan disiagakan di beberapa gedung tinggi pencakar langit, antara lain di atas atap gedung hotel maupun perkantoran,” tambahnya.

Baca juga:  Hujan Angin di Semarang, Lima Rumah Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Terpisah, Kapendam IV Diponegoro Kol Arh Zaenudin menegaskan bahwa uji kesiapan tempur merupakan program yang telah distandarisasikan dan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan. “Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan, sekaligus menguji sejauh mana kesiapan tempur satuan Yon Arhanud 15 dalam rangka pelaksanaan tugas pertahanan udara,” tandasnya. (hid/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya