Pemkot Salatiga Meluncurkan Kartu Sakti, Begini Manfaatnya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Pemkot Salatiga meluncurkan Kartu Sakti (satu Kartu Terintegrasi). Pemegang kartu ini adalah masyarakat yang memiliki kartu pelanggan perpustakaan daerah.

Menurut kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sarwanti, pemegang kartu sakti memiliki tiga keuntungan yakni terdaftar di Perpusda Salatiga, Perpusnas dan juga fasilitas e-Resources Perpusnas.

“Meski kami masih membatasi masyarakat, namun jumlah pengunjung pada bulan Juli mencapai 5.825 orang. Jumlah yang cukup banyak,” jelas Sarwanti saat memberikan sambutan.

Penjabat Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat membuka acara menuturkan bahwa pihaknya memang berkomitmen. Tidak hanya dalam meningkatkan literasi tetapi juga perlu keberpihakan kepada anggaran.

“Ada tiga indeks untuk menilai literasi yakni indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM), Indeks gemar membaca (IGM) dan Indeks literasi masyarakat (ILM). Tetapi menurut saya, jika IGM tinggi, indeks lain akan mengikuti,” urainya.

Baca juga:  The Saints Bakal Bongkar Pasang Pemain

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sertifikat akreditasi perpustakaan lima sekolah di Salatiga dari Perpusnas. SMAN 1, SMK 3, SD  Muhammadiyah Plus dan SD Kutowinangun 7 mendapatkan akreditasi A. Sementara MAN masih mendapat akreditasi B.

M Sahli, kepala SMAN 1 mengaku bangga dengan hasil ini. Ia menyatakan bahwa perpustakaan akan terus dikembangkan. “Tidak hanya fisik, tetapi juga membangun budaya membaca akan semakin ditingkatkan,” tutut Sahli yang ditemui usai menerima sertifikat. (sas/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya