Dua Mahasiswa UKSW Jadi Duta GenRe

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga terpilih sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe).

Yakni Juliette Heuvel Harlapan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) menyandang juara pertama putri dan Christian Wolter William Tambani mahasiswa Fakultas Interdisiplin (FID) meraih juara pertama putra.

Duta GenRe digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Salatiga. Ajang rutin setiap tahun, mempertemukan remaja yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dan memilih figur remaja berusia 16-22 tahun melalui proses seleksi ketat.

Nantinya, Duta GenRe yang terpilih akan menjadi role model dan spokesperson Perwakilan Kota Salatiga dalam meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan remaja, kependudukan, delapan substansi generasi berencana, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Linmas Harus Lebih Sigap dalam Menangani Bencana

Lomba Duta GenRe mempersiapkan anak-anak muda sebagai motivator dan figur teladan dengan peran memberikan wawasan kepada generasi muda lainnya tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja bebas narkoba dan HIV/AIDS. “Aku prihatin ketika melihat banyak remaja menikah usia dini, dan mereka masih minim tentang seks education,” aku Juliette.

Juara pertama putra Christian mengungkapkan menampilkan bakat minatnya dalam bidang fotografi. Dengan menampilkan foto bertema Merayakan Matahari. Artinya kita diibaratkan seperti matahari yang tidak pernah berhenti bersinar. “Demikian pula kita seharusnya tidak pernah berhenti dan terus melangkah untuk menjadi orang yang berdampak untuk sesama,” terang mahasiswa asal Kota Bitung, Sulawesi Utara ini.

Ajang pemilihan Duta GenRe menjadi hal baru dan wadah bagi dua mahasiswa UKSW ini untuk belajar dan mengembangkan potensi mereka. Juliette dan Christian bakal mewakili Salatiga di tingkat Provinsi Jawa Tengah Februari 2023 mendatang.

Baca juga:  Ainul Huri: Hobi Saya Menjadi Guru

“Setelah ini, aku akan lebih mempersiapkan diri untuk belajar mengenai perencanaan-perencanaan yang bisa dikampanyekan kepada para remaja, belajar public speaking menggunakan Bahasa Inggris, juga mengasah bakat minat yaitu fotografi dan desain grafis,” ungkap Christian.

Juliette dan Christian berpesan kepada pemuda dan remaja untuk bersama-sama mulai merencanakan kehidupan sejak saat ini. Menghindari hal-hal yang bisa merusak dan menghalangi cita-cita seperti narkoba dan seks bebas dan fokus untuk meraih cita-cita. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya