alexametrics

Dua Prodi UKSW Terakreditasi Unggul

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Dua program studi (prodi) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berhasil meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Yakni Prodi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Prodi Sistem Informasi (SI).

Dekan FTI UKSW Dr. Wiwin Sulistyo mengatakan raihan tersebut merupakan hasil kerja keras bersama antara prodi, fakultas dan juga universitas. Pihaknya bersyukur karena ada dua prodi yang sudah terakreditasi unggul.

“Ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak, baik pimpinan, mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan di prodi, fakultas dan juga universitas. Capaian ini menunjukkan bahwa FTI UKSW memiliki daya saing secara nasional,” katanya.

Baca juga:  Wujudkan Salatiga sebagai Kota Literasi

Capaian tersebut tidak membuat fakultas yang dipimpinnya puas. Memiliki 11 prodi mulai jenjang D3, S1, S2 dan S3, targenya lima tahun kedepan semua prodi sudah memiliki akreditasi terbaik dan ada prodi terakreditasi internasional. “Saat ini sebagian besar prodi di FTI sudah terakreditasi A. Lima tahun ke depan kami menargetkan semua prodi sudah memiliki akreditasi terbaik dan tidak lama lagi ada program studi terakreditasi Internasional,” ujarnya.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Humas Dr. Rini Darmastuti mengaku akreditasi adalah anugerah sekaligus tantangan untuk menunjukkan kualitas dan mengembangkan Prodi Humas ke level Internasional. Diusia yang relatif muda, yakni 10 tahun, Prodi Humas yang sebelumnya sudah terakreditasi A ini terus mengembangkan jejaring dan kolaborasi. Membangun jejaring dan kolaborasi didukung dengan sumber daya dosen yang mumpuni menjadi kuncinya.

Baca juga:  Tangkap Peluang Kebutuhan Industri

“Jejaring dimulai dari aras departemen dan juga antar fakultas di UKSW, kemudian dengan perguruan tinggi lain melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu juga dengan institusi lainnya, dunia industri dan juga alumni. Dengan adanya jejaring dan kolaborasi yang baik, prodi ini akan menjadi lebih kuat dan lebih berkualitas sehingga akan lebih berdampak ke masyarakat,” tambahnya.

Kaprodi SI Hanna Prillysca Chernovita, menyebut akreditasi Unggul menjadi penguat kualitas prodi yang telah memasuki usia 19 tahun. Didukung dengan dosen dan fasilitas yang mumpuni, Prodi Sistem Informasi FTI UKSW menjadi satu-satunya yang memiliki konsentrasi Sistem Informasi Geografis (SIG) yang menjadi pilihan banyak mahasiswa selain konsentrasi tata kelola.

Baca juga:  Pemenuhan SDGs, UKSW Masuk Perangkingan Times Higher Education

“Kami tengah mengikuti Bimtek Akreditasi Internasional untuk memperoleh akreditasi dari Australian Computer Society (ACS),” kata Hanna. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya