alexametrics

Masuki Usia 52, IAIN Salatiga Bersiap Menuju World Class University

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SalatigaTahun 2022, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga memasuki usia ke-52. Dua tahun setelah mencapai usia emas, IAIN Salatiga menyiapkan akselerasi menuju World Class University.

Rektor IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. berharap, IAIN Salatiga dapat menjadi lebih visioner untuk mengimbangi perubahan zaman.

“Perubahan adalah sesuatu yang pasti dan dapat datang lebih cepat dari yang kita perkirakan. Saat ini perguruan tinggi, termasuk IAIN Salatiga dituntut cepat beradaptasi, berani, dan mau belajar dari awal agar bisa bersaing dan menjaga eksistensi,” ujar Prof Zakiyuddin.

Dies Natalis ke-52 IAIN Salatiga mengambil tema Road To UIN: Menuju World Class University di Era Kolaborasi.

Prof. Zakiyuddin menyampaikan tema tersebut didasarkan oleh kesiapan IAIN Salatiga untuk menyambut transformasi menjadi UIN Salatiga. IAIN Salatiga terus mematangkan persiapan alih status menjadi UIN Salatiga dengan memperkuat pengelolaan manajemen dan akademik. Raihan prestasi di bidang manajemen dan akademik turut memperkuat komitmen tersebut.

“Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk terus belajar. Agar bisa beradaptasi dengan baik di tengah perubahan yang cepat ini, kita harus bersedia untuk terus memperbarui ilmu yang kita miliki, dengan begitu kita akan bisa survive.” tambah Rektor IAIN Salatiga.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-52 IAIN Salatiga, Dr Sidqon Maesur, Lc MA, mengatakan, rangkaian kegiatan dies natalis dimulai pada 17 Mei 2022 dan akan diakhiri pada 31 Mei 2022, Tahun ini acara Dies Natalis digelar lebih meriah karena adanya pelonggaran protokol kesehatan.

Baca juga:  Dewan Panggil Pejabat Salatiga yang ‘Distafkan’, Pertemuan Dilakukan Tertutup

“IAIN Salatiga mengadakan berbagai perlombaan untuk dosen, karyawan, dan mahasiswa, serta penanaman pohon. Rangkaian dies natalis ini ditutup dengan sidang senat terbuka,” tandasnya.

Sejarah dan Ketua/Rektor IAIN Salatiga

IAIN Salatiga sebentar lagi menjadi UIN Salatiga. Lembaga ini telah melewati sejarah panjang dan mengalami beberapa perubahan kelembagaan. Cikal bakal IAIN Salatiga dimulai dari didirikannya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama di Salatiga. Lembaga yang menempati gedung milik Yayasan Pesantren Luhur itu dinegerikan bersamaan dengan persiapan berdirinya IAIN Walisongo di Semarang.

Fakultas Tarbiyah Salatiga diusulkan untuk dinegerikan sebagai cabang IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berdasarkan Surat Menteri Agama c.q. Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam Nomor Dd/PTA/3/1364/69 tanggal 13 November 1969.

Ketika IAIN Walisongo di Semarang berdiri, Fakultas Tarbiyah Salatiga mendapatkan status negeri dan menjadi cabang IAIN Walisongo. Penegerian Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo tersebut berdasarkan SK Menteri Agama Nomor 30 Tahun 1970 tanggal 16 April 1970.

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1997, maka secara yuridis mulai tanggal 21 Maret 1997 Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Salatiga beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.

Baca juga:  Nekat Hajatan, Dibubarkan Satgas Covid-19

Setelah tujuh belas tahun berdiri, STAIN Salatiga resmi bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 143 Tahun 2014, tertanggal 17 Oktober 2014. Seiring perkembangan dan kemajuan yang diraih, IAIN Salatiga kini tengah menanti turunnya Keputusan Presiden mengenai alih status menjadi UIN Salatiga.

Prof Dr Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menjabat sebagai rektor IAIN Salatiga sejak 2019 hingga sekarang. Dirinya dilantik sebagai rektor IAIN Salatiga pada 24 April 2019.

Pencapaian IAIN Salatiga

Di usia ke- 52 tahun IAIN Salatiga, akselerasi menuju universitas yang menjadi rujukan studi Islam-Indonesia terus dilakukan. Dalam perjalanan meraih visi tersebut, IAIN Salatiga telah mencapai berbagai milestone.

Pada 21 Desember 2020, Kemenpan-RB menetapkan IAIN Salatiga sebagai Unit Kerja Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Hal tersebut juga menjadikan IAIN Salatiga sebagai satu-satunya PTKIN yang mendapat predikat WBK.

Tak hanya itu, IAIN Salatiga juga berhasil menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam pertama di Indonesia yang meraih ISO 37001 – Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Predikat WBK dan ISO 37001adalah bentuk komitmen IAIN Salatiga guna menciptakan lingkungan kerja yang akuntabel dan berintegritas.

Selama tiga tahun terakhir, IAIN Salatiga selalu mendapatkan peringkat atas dalam pengisian dashboard e-SMS PTKIN se-Indonesia. Dashboard e-SMS PTKIN tersebut ditujukan untuk meningkatkan tata kelola menuju Good University Governance.

Selain itu, IAIN Salatiga terus berupaya untuk menguatkan komitmen pembangunan Green Wasathiyah Campus. Pada 2021, IAIN Salatiga berhasil menduduki peringkat keenam kampus hijau di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia menurut UI GreenMetric World University Rankings.

Baca juga:  Produsen Tahu-Tempe Digelontor 20 Ton Kedelai

Tak hanya sisi pengelolaan manajemen, sisi akademik IAIN Salatiga juga terus ditingkatkan. Hal tersebut dapat dilihat dari raihan Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) yang berhasil menjadi jurnal ilmiah pertama di Indonesia. Capaian itu terindeks Scopus dan masuk The Best Q1 Schimago. Berdasarkan data terakhir, IJIMS berhasil menduduki peringkat pertama di Asia pada kategori kajian keagamaan/religious studies versi Scimago Journal & Country Rank (SJR).

Menurut data yang dikeluarkan oleh SJR per 11 Mei 2022, IJIMS berhasil masuk Quartile 1 dengan skor sebanyak 0.393. Dengan skor sebanyak itu, IJIMS berhak menempati posisi ke-25 dari 595 jurnal ilmiah kategori kajian keagamaan yang ada di seluruh dunia.

Awal 2022, IAIN Salatiga berhasil menambah tiga guru besar. Sehingga total ada 11 guru besar. Dengan jumlah itu, IAIN Salatiga menjadi salah satu IAIN di Indonesia yang memiliki jumlah guru besar terbanyak. (sas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya