alexametrics

Lima Mahasiswa UKSW Lolos IISMA 2022

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Lima mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berhasil menjadi bagian dari peserta Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Mereka akan dikirim belajar ke berbagai universitas di luar negeri mulai September mendatang.

Hal ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan karena jumlah mahasiswa UKSW yang berhasil lolos untuk mengikuti program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi ini, meningkat seratus persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pembantu Rektor IV Bidang Kerja Sama Kelembagaan dan Internasionalisasi UKSW Joseph Ernest Mambu, Ph.D., merasa bangga. Sebab di tengah kompetisi dengan ribuan peserta, mahasiswa UKSW dapat bersaing dengan baik. Para awardee IISMA asal UKSW memastikan mengenyam kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka dunia yang menjadi pilihannya, selama satu semester.

Baca juga:  Komunitas 1001 Pendaki Tanam Pohon Sebar Ribuan Bibit di Desa Tajuk

Para mahasiswa tersebut adalah Jalu Gustiandaru Priyanto dari Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) yang lolos ke Humboldt-Universität zu Berlin-Jerman, Arya Krizna Nawanda Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) lolos ke Hanyang University Korea Selatan, serta Callista Keshia Ruth Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) lolos ke University of Pecs – Hongaria.

Dua lainnya yaitu Eunice Clarissa Chamberly Waani Prodi Biologi Fakultas Biologi lolos ke Universitat Pompeu Fabra, Barcelona- Spanyol serta Pisonanta Krisetia Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) lolos ke Maastricht University, Belanda.

“Dalam upaya meningkatkan program internasionalisasi UKSW, kami berharap keberangkatan mereka untuk menimba ilmu di berbagai universitas di luar negeri dapat menjadi salah satu penggiat,” tutur Joseph.

Baca juga:  Haduh, Masih Ada Saja Warga yang Langgar Prokes

Terpisah, Eunice, salah satu awardee IISMA mengaku sangat bersyukur dapat lolos seleksi IISMA 2022. Menurutnya ini merupakan kesempatan sekali dalam semur hidup yang tidak boleh dilewatkannya. Sejauh ini Eunice menyebut telah mempersiapkan diri menuju keberangkatanya ke Spanyol.

Rencananya Eunice akan mengambil sejumlah mata kuliah seperti Ethics in a Globalization and Sustainability Context; Artificial Intelligence, Creativity, and the Arts; Collective Intelligent Solutions to the New Global Challenges; serta Mind, Brains and Machines.

“Saya berharap akan mendapatkan knowledge yang lebih luas dari kelas akademik dan juga dari interaksi dengan sivitas akademika di sana,” imbuh Eunice. (sas/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya