alexametrics

Menparekraf Jadikan Salatiga Pusat Wisata Gastronomi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno bakal menjadikan Salatiga sebagai salah satu pusat wisata Gastronomi. Wisata kuliner yang disajikan dengan pengalaman, budaya dan sejarah dibalik kehadiran suatu menu makanan.

Salatiga bahkan menjadi bagian dari kebangkitan sektor ekonomi kreatif, yang berkontribusi 1.274 Triliun atau 7,35 persen dari keseluruhan PDB Nasional 2021. “Kita akan buat drama Solotigo supaya menjadi kebangaan kuliner bagi Salatiga,” katanya saat berkunjung ke Salatiga.

Ia mendukung Salatiga dalam sektor pariwisata dalam pengembangan kuliner Indonesia. Bahkan, Salatiga mewakili Indonesia dalam nominasi Creative Cities of Gastronomy dalam UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 202.

“Popularitas kuliner Indonesia juga sudah diakui masyarakat dunia seperti sate, nasi goreng dan rendang  sudah masuk daftar 50 besar Best Food Versi CNN,” ujarnya.

Baca juga:  Sandiaga Uno Tertarik Bangun Perjalanan Wisata Borobudur-Situs Liyangan

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengaku, kunjungan Menparekraf sebuah kado istimewa. Ia berterimakasih kepada Menparekraf sudah mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengembangan dan pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) yang nilainya hampir Rp 10 miliar. “Ini menjadi hal yang sangat luar biasa dan sebagai bentuk komitmen dalam mewujdukan TWSS,” kata Yuliyanto. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya