alexametrics

SDM dan SDA di Indonesia Belum Seimbang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) menyayangkan belum seimbangnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia.

Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah. Namun kemampuan masyarakat untuk mengolah masih kurang. Permintaan memasok minyak dunia sangat tinggi. Tapi tidak kapasitas yang mampu disediakan terbatas. “Persoalan ini salah satunya karena ketertinggalan SDM Indonesia,” katanya saat menjadi narasumber di acara Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Leaders Forum.

Ratusan mahasiswa, dosen, pengusaha dan sejumlah elemen masyarakat hadir dalam acara tersebut. Ia menambahkan, Pertamina masuk ke petrokimia tergolong terlambat. Namun ini menjadi salah satu langkah strategis yang menentukan keberhasilan misi pemerintah melaksanakan transformasi ekonomi dari berbasis komoditas ke industri pengolahan bernilai tambah tinggi. “Sehingga saat ini dibutuhkan banyak tenaga terlatih dan terdidik untuk dapat mengolah sumber daya alam yang tersedia,” tambahnya

Baca juga:  Zaman Berubah, Pembaca Koran Tetap Ada

Leaders forum menjadi wadah diskusi guna mengawal visi Indonesia Maju 2045. Basuki mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan sejak 10 Mei lalu. “Melaui forum ini peserta dapat saling belajar, sekaligus ajang meningkatkan kualitas SDM Indonesia,”  ujarnya. (sas/fth) 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya