alexametrics

UKSW Leader Forum Jadi Wadah Komunikasi Antara Pemimpin Bangsa dengan Pemimpin Masa Depan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Setelah tertunda selama dua tahun, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akhirnya menggelar Leader Forum. Acara yang mengusung tema Indonesia 2045 “Sebuah Blue Print” yang menghadirkan tokoh-tokoh penting di dalamnya.

Acara yang berlangsung sejak Selasa (10/5/2022) hingga Jumat (14/5/2022) ini seharusnya dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Namun, di hari pertama digelarnya Leader Forum, Jokowi tidak bisa hadir dikarenakan sedang melakukan kunjungan kenegaraan di Amerika Serikat.

Sebagai gantinya Jokowi diwakilkan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam melakukan sambutan. Selain itu, terdapat sambutan juga dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sambutan tersebut dilakukan secara daring dikarenakan Ganjar melakukan rapat Gubernur se-Indonesia di Bali.

Baca juga:  Fiskom UKSW Beri Bantuan Mahasiswa asal NTT

Ganjar mengatakan dirinya senang dengan acara yang di gelar oleh UKSW. Karena kegiatan Leader Forum dinilai sangat strategis, terlebih mengusung pembahasan “Memimpikan Indonesia di 2045”.

Menurutnya saat ini kondisi berbagai aspek yang ada di masyarakat banyak yang berubah sebagaimana dampak pandemi Covid-19.“Hari ini kita dihadapkan dengan situasi yang tidak mudah. Pandemi dua tahun ini mengajarkan kita bagaimana bangsa ini harus bisa survive,” ungkapnya.

Sementara itu Rektor UKSW, Neil Samuel Rupidara, mengatakan bahwa UKSW Leader Forum ini sudah digagas sejak tiga tahun yang lalu. Acara tersebut sebenarnya akan digelar di tahun 2020. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 maka harus ditunda pelaksanaannya.

Baca juga:  UKSW Tambah Tiga Guru Besar

“Leader Forum ini merupakan wadah atau forum komunikasi antara para pemimpin bangsa dengan calon pemimpin di masa depan. Dalam artian adalah para mahasiswa,” katanya.
Dalam acara ini akan membahas berbagai isu dan permasalahan yang saat ini tengah terjadi maupun yang akan mendatang. Pihaknya juga mengundang para pemimpin seperti para menteri untuk membagikan wawasannya kepada para mahasiswa dan pemimpin lainnya.

Niel mengungkapkan forum tersebut sebagai simbol pewarisan tanggungjawab antar generasi. Isu-isu besar, fundamental, problematik, dan inspiratif nantinya akan dibagikan di acara tersebut. “Semoga forum ini bisa menjadi perubahan yang lebih baik. Menuju Indonesian yang maju, berdaulat, adil, dan makmur,” ujarnya.

Pengambilan tema Indonesia 2045 “Sebuah Blueprint” ini sebagai perwujudan visi dan misi Presiden Indonesia yang menginginkan Indonesia menjadi salah satu negara yang maju. Selain itu, berharap Indonesia bisa masuk dalam lima Kekuatan ekonomi dunia di thaun 2045 mendatang.

Baca juga:  Kembalikan Kebesaran Bank Salatiga

“Visi dan misi pemerintah menurut saya sangat indah. Namun semua itu tidak mudah untu diwujudkan. Perlu adanya keterlibatan dari seluruh pihak untuk mewujudkannya,” imbuhnya. (cr5/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya