alexametrics

Sambut Pemudik dengan Pameran Lukisan Jadul

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Belasan foto dan buku tentang Salatiga dipamerkan di lobi Hotel Laras Asri. Pameran digelar untuk menyambut para pemudik dan mengingat kembali tentang Salatiga.

Lukisan yang dipamerkan adalah karya Isworo, pelukis realis asal Salatiga. Kali ini, ia memajang lukisan yang dihasilkan dari foto foto zaman dulu. Lukisan berlangsung hingga 15 Mei mendatang.

“Banyak foto zaman dulu. Dengan lukisan ini, berharap masyarakat semakin terkenang dan tidak melupakan saat Salatiga jaman dulu,” terang pria berusia 74 tahun tersebut. Ia mencontohkan lukisan bus Esto, dimana banyak yang kangen dengan suasana bus kala itu.

Beberapa lukisan yang dipajang antara lain tugu jam tahun 1920, alun alun pancasila, terminal bus tamansari hingga bus Esto. Semua diambil dari foto asli yang ada. Dua diantara lukisan yang dipajang sudah laku. Satu dibeli warga Jakarta, dan satunya dibeli ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit.

Baca juga:  FKIK UKSW Edukasi Warga agar Jalani Pola Hidup Sehat

Dijelaskan dia, lukisan dibuat dalam waktu dua bulan. Masing masing lukisan membutuhkan waktu kisaran 3-4 hari sampai selesai.

Sementara itu, budayawan Eddy Supangkat juga memamerkan karyanya. 14 judul buku  tentang Salatiga dipajang. “Bahkan salah satu buku, kini sedang diterjemahkan menjadi lima Bahasa,” terang dia. Buku yang dimaksud adalah buku yang berjudul Solotigo. (sas/bas) 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya