alexametrics

Tolak Gratifikasi, Ketua DPRD Kota Salatiga Kembalikan Tiga Parsel

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit melaporkan dan mengembalikan tiga parsel Lebaran kepada Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) inspektorat Salatiga. Langkah tersebut sebagai upaya mengantisipasi gratifikasi dan tindak penyelewengan serta korupsi.

Salah satunya adalah mempengaruhi kebijakan. Apalagi posisinya sekarang sebagai salah satu pejabat publik sehingga tidak pantas menerima bingkisan.  “Saat hari besar nasional, saya selalu ada yang memberikan parsel entah dari mana. Saya tidak mengetahui motif tersebut,” kata Dance.

Parsel-parsel yang ia dapat, tidak akan mempengaruhi kebijakan sebagai Ketua DPRD. Ia bahkan langsung mengembalikan parsel kepada Inspektorat Salatiga.
“Karena itu tanpa mengurangi rasa hormat kepada warga yang mengapresiasi saya melalui parsel ini maka saya lakukan pengembalian parsel ke Inspektorat,” ucapnya.

Baca juga:  Eks Pabrik Mega Rubber Disiapkan untuk Tempat Isolasi

Pengembalian parsel sebagai bentuk upaya pengendalian gratifikasi. Pengembalian ini sebagai simbol, bahwa pejabat publik memiliki tanggung jawab yang harus dipertanggungjawabkan jangan sampai ada penyelewengan. “Para pejabat publik agar tidak menerima pemberian dari siapa pun,” tambahnya.

Kepala Inspektorat Salatiga Prasetiyo Ichtiarto mengatakan, gratifikasi merupakan pintu masuk korupsi. Dalam penyerahan bukti tersebut, jika dalam bentuk uang dan barang akan langsung diberikan kepada KPK. “Jika penyerahan dalam bentuk makanan atau minuman akan kami bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” akunya.

Prasetiyo tidak menyebut pengirim parsel-parsel tersebut. Tetapi dari sumber menyebutkan jika itu dikirimkan para rekanan. Dua parsel berisi makanan kering, dan satunya berisi satu set cangkir warna hijau. (sas/fth)

Baca juga:  DPD Nasdem Salatiga Perkuat Struktur hingga Ranting

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya