alexametrics

Minim Sosialisasi, Aplikasi Srikandi Pemkot Salatiga Belum Maksimal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) yang dicanangkan Pemkot Salatiga ternyata tidak maksimal. Salah satunya karena minimnya bimbingan tentang operasionalnya dari leading sektor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Sistem ini digambarkan para ASN adalah bentuk surat menyurat antar instansi secara online. Mengirim dan menerima surat melalui aplikasi tersebut. Sehingga paperless.

Sejumlah ASN dari berbagai instansi di lingkungan Pemkot mengeluh atas penerapan Srikandi. “Terlalu dipaksa untuk dilaksanakan. Padahal banyak yang belum siap. Selain itu, kerjaan lain juga banyak dan menuntut perhatian,” terang salah satu ASN di lingkungan Pemkot. Ia mengatakan belum semua OPD melaksanakannya karena keterbatasan tenaga.

Baca juga:  Guru SMP Ditemukan Tewas di Kontrakan

Sementara dari OPD yang diluar Pemkot, mereka mengeluhkan kesulitan operasional. “Aplikasi sering logout sendiri. Kalau mengirim surat juga prosedurnya berbeda. Kami juga baru sekali diberi sosialisasi dan tidak ada follow up pendampingan tentang program ini,” terang ASN berhijab ini. Ada kemungkinan piranti yang digunakan tidak kompatibel dengan programnya.

Sekda Salatiga Wuri Pujiastuti menuturkan jika aplikasi ini sudah berjalan di lingkungan Pemkot. “Yang pinter-pinter ASN yang masih muda-muda,” ujar Wuri.

Sementara itu saat launching beberapa waktu lalu, Wali Kota Salatiga Yuliyanto, SE., MM., meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyiapkan sarana, prasarana dan sumber daya manusia untuk mendukung pelaksanaan Srikandi.

Sementara Sri Sarwanti, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga menjelaskan penerapan aplikasi Srikandi kali ini baru diikuti oleh 28 OPD dan 4 Kecamatan. “Untuk kelurahan belum kami laksanakan bimtek, rencananya akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan,” lanjut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan ini. (sas/bas)

Baca juga:  Door to Door, Cara Kapolres Salatiga Perkuat Sinergitas dengan Awak Media

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya