alexametrics

Dua Mahasiswi UKSW Raih Beasiswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga  – Patricia Alberta Marcella meraih beasiswa Scranton satu tahun penuh dan tambahan beasiswa sebesar US$ 500. Hadiah diperoleh setelah keikutsertaan mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dalam “Scranton Essay Contest” membawa Cella, sapaan akrabnya, meraih sejumlah hadiah.

Awalnya ia hanya iseng dan tidak mematok target lolos dalam kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan Scranton Women’s Leadership Center (SWLC), Korea Selatan dengan bertemakan Save Earth Save Us: For All Life on Earth . “Bersyukur bisa lolos dalam lomba essay dengan mendapat hadiah berupa beasiswa Scranton,” ujarnya.

Kisahnya memutuskan berkuliah banyak hambatan. Sehingga harus bekerja selama dua tahun di minimarket. “Tentu beasiswa ini sangat berarti,” akunya.

Baca juga:  HBFC Wakili Jateng ke Putaran Nasional

Mother Nature and Spirituality menjadi judul essay karya Cella. Ide yang diperoleh melalui jurnal menjelaskan mengenai keterkaitan alam dan perempuan pada konteks suku Tanimbar, Maluku. Cella menyampaikan tentang konsep perempuan sebagai pemilik rahim pembawa kehidupan. Sementara alam adalah ibu yang mengandung, menghadirkan berbagai kekayaan serta sumber daya bagi manusia.

Selain Cella, Tiara Utari Grace Moelyono turut memenangi Scranton Essay Contest. Mahasiswi Prodi Matematika Fakultas Sains dan Matematika (FSM) ini menulis tentang “Processing Food Waste into Biodegradable Bags to Apply Zero Waste“. Berdasarkan jurnal-jurnal yang telah diperoleh Tiara, sisa makanan menjadi salah satu limbah yang saat ini belum maksimal pengelolaannya.

Baca juga:  Muttaqin Pimpin Pemuda Muhammadiyah Salatiga

Tiara mengajukan pemanfaatan limbah sisa makan untuk diolah menjadi biodegradable plastik. Menurutnya dengan proses kimia dan pencampuran beberapa materi berbahan dasar buah-buahan dapat diubah menjadi biodegradable plastik. “Ke depannya hasil dari biodegradable plastik mewujudkan zero waste sebagai gaya hidup untuk memaksimalkan sumber daya serta mengurangi penggunaan plastik sekali pakai,” tambahnya. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya