alexametrics

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Harus Valid

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Wali Kota Salatiga Yuliyanto tidak ingin ada komplain terkait penerimaan Jaminan Kesehatan dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Seluruh data harus valid sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

Yuliyanto menekankan keikhlasan petugas dalam menjalankan tugas. Pelayanan untuk masyarakat harus ditingkatkan. “Semua harus bekerja keras untuk validasi data agar bisa tepat sasaran,” katanya saat membuka Sosialisasi Pendataan Dan Validasi Data Jaminan Kesehatan (Target UHC 95 persen) tahun 2022, yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial.

Sebagai ujung tombak pembangunan Kota Salatiga di bidang waras kesehatan, target pemerintah adalah setiap penduduk kota dapat masuk menjadi Universal Health Coverage (UHC). “Saya tidak ingin ada komplain dari masyarakat bahwa ada masyarakat yang mampu mendapatkan jaminan kesehatan sedang kurang mampu malah tidak masuk,” ujarnya.

Baca juga:  Ikatan Alumni SMA N 1 Salatiga Dukung Pengembangan Ekonomi Pelaku UMKM

Kepala Dinas Sosial Gati Setiti mengungkapkan, sosialisasi dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah dengan potensi dan SDM Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam rangka mewujudkan perlindungan sosial.

“Tujuannya meningkatkan sistem dan mekanisme pendataan secara terarah, terorganisir, dan berkelanjutan untuk menghasilkan kualitas data yang akurat, andal, dan terpercaya,” katanya.

Selain itu sosialisasi sebagai upaya meningkatkan semangat dan kekompakan antar petugas pendataan Dinas Sosial, Kecamatan, dan Kelurahan dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan pekerja sosial masyarakat (PSM).

Adapun peserta kegiatan pendataan dan validasi data jaminan kesehatan dan DTKS tahun 2022 diikuti oleh 227 peserta. “Mereka adalah TKSK dan PSM selaku petugas pendata serta unsur Kecamatan dan kelurahan se-Salatiga,” tambahnya. (sas/fth) 

Baca juga:  Museum Witte Kruis di Bekas Gudang Kopi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya