alexametrics

Puskesos Diharapkan Atasi Kemiskinan di Salatiga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Wali Kota Salatiga Yuliyanto  mengeluarkan program Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) terkait penanganan kemiskinan. Program ini diharapkan bisa membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin.

“Puskesos menjadi perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang perlu dikembangkan,” kata Yuliyanto saat membuka kegiatan Sosialisasi Puskesos dan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Tahun 2022, di Ruang Kaloka Gedung Setda Salatiga.

Ia menambahkan, hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat miskin atau rentan mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial lebih cepat serta menyeluruh. Ia meminta seluruh peserta agar dapat menjadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk mengoptimalkan fungsi Puskesos di Kota Salatiga.

Bisa dijadikan tempat  pengaduan persoalan kemiskinan masyarakat sehingga akan mendapatkan penanganan yang tepat. “Masyarakat bisa mendapatkan rujukan program, yang bisa mengentaskan dan membantu persoalan ekonominya,” tegasnya.

Baca juga:  Dikira Bau Tikus Mati, Warga Tingkir Ternyata Temukan Bunga Bangkai di Pekarangan Rumah

Puskesos tidak hanya berfungsi sebagai wadah dan mempunyai  layanan saja. Tetapi di dalamnya harus secara aktif menerima ragam keluhan dari berbagai bidang sosial masyarakat, mulai dari persoalan pendidikan, kesehatan, kependudukan, sosial, ekonomi hingga usaha.  Masyarakat bisa mendapatkan penanganan serta rujukan program, atau jenis bantuan apa yang bisa membantunya.

“Keluhan terkait permasalahan sosial akan ditangani melalui SLRT  yang bisa dilakukan melalui Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan (Simnangkis),”  tambahnya.

Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kota Salatiga, Sri Rahmini Boganiwati mengatakan, sosialisasi Puskesos diikuti 165 anggota Puskesos tingkat kelurahan. Tujuannya peserta  lebih memahami kebijakan lembaga dan mekanisme penyelenggaraan kegiatan, strategi komunikasi dan advokasi di daerah, serta penyusunan rencana aksi pelaksanaan Puskesos.

Baca juga:  Radwah Manjakan Hijaber Salatiga

“Kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat dan akan berujung pada peningkatan kualitas pelaksanaan akselerasi pengembangan dan penumbuhan Puskesos Kota Salatiga, yang handal dan profesional,” tambah Rahmini. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya