alexametrics

Cegah Sakit, Hewan Peliharaan Perlu Lima Freedom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Banyak pemilik hewan kesayangan yang belum sadar perlunya kebebasan untuk peliharaannya. Hal itu perlu dilakukan agar hewan lebih kuat dan tahan dari penyakit.

Hal itu dipaparkan drh Christina Susilaningsih dalam kegiatan sosialisasi informasi dan edukasi Dinas Pangan dan Pertanian kepada puluhan pemilik peliharaan.

“Dalam rangka pengendalian dan penanggulangan penyakit pada hewan kesayangan. Harus ditumbuhkan kesadaran pemilik untuk menjaga kesehatan dan mencegah hewan sakit dengan memberikan lima freedom untuk hewan,” papar Christina yang merupakan Medik Veteriner di dinas tersebut.

Lima freedom atau kebebasan bagi peliharaan antara yaitu bebas lapar dan haus; Bebas dari luka, sakit dan penyakit; Bebas dari rasa tidak nyaman; Bebas mengekspresikan perilaku alami; dan Bebas dari rasa takut dan stress.

Baca juga:  Keberhasilan Pemkot Salatiga jadi Rujukan Pembelajaran

Kabid Peternakan Dispangtan Inna Kartika Sari menambahkan, semua pemilik peliharaan jika menetapkan prinsip prinsip tersebut, maka hewan akan sehat. Hewan peliharaan antara lain anjing, kucing dan kelinci.

“Kegiatan ini rutin di lakukan setiap tahun dalam rangka pengendalian penyakit di kota Salatiga,” tutur Inna. (sas/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya