alexametrics

Hidupkan Kembali Kampung Iklim Salatiga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris berterima kasih atas jasa tenaga kebersihan yang menjadi garda terdepan kebersihan kota. Pengelolaan sampah membutuhkan keterlibatan bersama antara unsur pemerintah, masyarakat dan swasta/produsen serta stakeholder lain.

“Pemerintah Salatiga bekerja sama dengan segenap pemangku kepentingan telah menetapkan strategi dan melaksanakan pengelolaan sampah dari sumbernya sampai TPA dengan pendekatan reduce, reuse, recycle atau 3R dan pemanfaatan sampah menjadi bahan baku energi,” kata Dr. Muh Haris saat mengambil apel Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kota Salatiga Tahun 2022, di TPA Ngronggo kemarin.

Peserta apel perwakilan sekolahan di Kecamatan Argomulyo, Satpol PP, Kwarcab Pramuka, pemulung, dan 15 komunitas pencinta alam/lingkungan Kota Salatiga. Adapun tema HPSN tahun 2022 adalah Kelola Sampah Kurangi Emisi Bangun Proklim.

Baca juga:  Menparekraf Jadikan Salatiga Pusat Wisata Gastronomi

Ia menambahkan, paradigma pengelolaan sampah sudah berubah sesuai dengan tuntutan zaman dan teknologi. Dengan tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya.

Wakil wali kota mengajak masyarakat menggiatkan kembali Kampung iklim yang sudah ada dan ditularkan kepada kampung lain. Kegiatan yang dilakukan warga masyarakat pada lokasi ProKlim, termasuk pengelolaan sampah bisa menjadi contoh nyata pelaksanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Sekaligus dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pengurangan risiko bencana akibat perubahan iklim,” tambahnya.

Usai apel Wakil Wali Kota Dr. Muh Haris menyerahkan bantuan komposter kepada perwakilan bank sampah dari empat kecamatan. Wakil wali kota di dampingi camat argomulyo menaiki truk pemadam kebakaran untuk menuangkan ekoenzim. Selanjutnya dilanjutkan penyemprotan ke area TPA Ngronggo. (sas/fth) 

Baca juga:  Pemkot Salatiga Lakukan Evaluasi Jabatan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya