alexametrics

Tempe Roti Jadi Ikon Desa Wisata Tingkir Lor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang familiar di Indonesia. Namun, tidak ada yang kepikiran untuk membuat tempe menjadi roti.  Terobosan itu dilakukan Umi Jamilah, warga Kelurahan Tingkir Lor Kecamatan Tingkir. Ia menjadikan tempe sebagai makanan kekinian hingga menjadi ikon desa wisata andalan Kota Salatiga.

Umi mengaku ide tersebut muncul setelah Tingkir Lor ditetapkan menjadi desa wisata 2015. Umi yang menyewakan rumahnya menjadi homestay, seringkali ditanya para tamu mengenai penganan khas untuk dibuat oleh-oleh. Salatiga sudah banyak seperti enting-enting gepuk. “Namun yang khas Tingkir Lor belum ada,” akunya.

Umi yang melihat banyak tetangganya menjadi pembuat tempe, bermaksud mengolah makanan berbahan kedelai tersebut. Ia kemudian mencari referensi, hingga membuat tempe coklat.  “Tempe coklat sudah diproduksi sejak 2016 dan memiliki empat rasa,” ujarnya.

Baca juga:  Pohon Tumbang Tutup Akses Salatiga-Kopeng

Ada tempe cokelat rasa original, coklat tempe putih, cokelat tempe susu, dan coklat tempe green tea. Harga jualnya Rp 6.000 per bungkus. Setelah produk tempe coklat bisa diterima pasar. Lantas mulai memproduksi makanan olahan lain berbahan baku tempe. Ada rolade tempe, tempe bakso, gembus bakso, dan lain-lain. “Bentuknya frozen food, sehingga awet,” tambahnya.

Umi mengungkapkan kreasi lain yang sedang booming saat ini adalah bolen tempe. “Satu paket isi lima bolen, harganya Rp 12.000. Rasa yang tersedia original dan coklat,” jelasnya.

Bolen tempe bisa dikatakan sebagai karya orisinil sehingga dia akan mengajukan produk tersebut untuk memperoleh hak paten. Bolen tempe bisa menjadi produk unggulan Desa Wisata Tingkir Lor.  Proses pembuatan bolen tempe tidak terlalu sulit.

Baca juga:  Tempat Karaoke Masih Langgar Protokol Kesehatan

“Rasa tempe tidak terlalu terasa karena dibuat sale. Rasanya unik tapi tidak meninggalkan khasnya tempe,” ungkap Umi. Proses pembuatan makanan olahan tempe yang unik, menarik masyarakat untuk belajar secara langsung. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya