alexametrics

Mahasiswa UKSW Dampingi 13 Sekolah di Kupang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Sebanyak 13 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM). Program mengajar di satuan pendidikan dilakukan di 13 sekolah di dua kecamatan di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selama 4 bulan mahasiswa ini melakukan program pendampingan bagi sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPAMDR) yang ada di Kecamatan Takari dan Kecamatan Amarasi Selatan.

UKSW dalam hal ini Pusat Studi Sains Teknologi dan Matematika (e-SisTeM) Fakultas Sains dan Matematika (FSM) serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyerahkan langsung ke-13 mahasiswa kepada Bupati Kabupaten Kupang Korinus Masneno.

Ketua Pusat Studi Sains Teknologi dan Matematika Prof. Ferdy Semuel Rondonuwu mengatakan, pemerintah daerah setempat menyambut baik program tersebut. Bahkan  berharap mahasiswa dapat membantu siswa disana dalam hal numerasi dan literasi. Selain itu juga melakukan transfer pengetahuan kepada guru-guru.

Baca juga:  Terima 11 Kendaraan Dinas, Polres Salatiga Genjot Pelayanan Masyarakat

Tidak hanya itu, mahasiswa diharapkan juga dapat belajar  problematika pembelajaran yang ada di sekolah.“Program ini digelar dalam rangka membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian dengan menjadi partner guru dan sekolah untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran,” katanya.

Kabupaten Kupang menjadi tujuan karena 13 sekolah yang meliputi SDN, SMPN dan juga SMKN di dua kecamatan ini merupakan binaan YPAMDR menuju kecamatan cerdas berprestasi. Program pendampingan sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek)  tentang program MBKM.

Dimana perguruan tinggi memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar di luar kampus. Untuk memperkaya wawasan keilmuan dan mengembangkan kecakapan hidupnya. “Kegiatan ini akan diadakan dalam 3 tahap. Tahap selanjutnya akan diadakan pada Mei dan September mendatang,” tambahnya. (sas/fth)

Baca juga:  Ruang Tahanan Digeledah, Napi Dites Urine

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya