alexametrics

Kronologi Kecelakaan Karambol yang Menewaskan Pengendara Motor di Jalur Lingkar Salatiga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Kecelakaan karambol terjadi di Jalan Lingkar Salatiga (JLS). Tepatnya di persimpangan Ngemplak, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomuktik. Sebuah truk tangki mengalami gangguan rem dan menabrak lima kendaraan lain.  Dalam insiden tersebut, satu orang meninggal seketika. Sementara beberapa korban lain mengalami luka dan dibawa ke RSUD Salatiga untuk mendapatkan perawatan intensif.

Insiden kecelakaan maut terjadi Senin (3/1) sekitar pukul 07.28. Bermula ketika sebuah truk tangki nopol L 8736 AK yang dikemudikan Senawi, 46, warga Jalan Brigjen Katamso III/13 RT 01 RW 02 Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan, Ponorogo itu melaju dari arah Solo menuju Semarang. Truk tangki membawa bahan kimia tertulis PT Arjuna Utama Kimia. Saat melaju di jalan menurun itu, laju truk tangki hilang kendali.

Diduga kuat, tangki mengalami rem blong. Sopir tangki sempat menyalakan klakson berkali-kali. Namun tabrakan tetap tak bisa terhindarkan. Truk tangki pun menabrak sepeda motor Yamaha Jupiter H 6429 BV dan Yamaha Mio H 2459 JW di depannya.

Baca juga:  Olahraga Rekreasi Butuh Pengelolaan Manajemen Organisasi

Belum berhenti, mendekati persimpangan Dukuh, truk tangki menabrak truk boks nopol R 9636 M bermuatan saos yang disopiri Prayogo, 52,  warga Jalan Wologito Barat VI RT 03 RW 01 Kembangarum, Kota Semarang.

Akibatnya, truk boks terdorong hingga melompat pulau jalan. Terakhir, truk tangki menghantam truk nopol H 9485 BC bermuatan  cabai  yang dikemudikan Sugeng Purwanto, 43, warga Lemiring RT 06 RW 07 Desa Ngaliyan, Kecamatan  Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Truk cabai itu pun terguling.

Setelah itu, sopir truk tangki membanting stir ke kiri dan menabrak truk kontainer nopol H 8572 QA yang disopiri Sugiyo Pranoto, 37, warga Dusun Ngrombo RT 04 RW 02 Kemusu, Boyolali yang melaju di sebelah kirinya. Truk tangki nahas itu akhirnya berhenti menabrak tiang yang berada di sebelah makam.

“Sempat terdengar suara klakson berkali-kali. Saya sempat kaget karena mendengar suara hantaman keras,” kata Imam Makmur, warga sekitar yang kali pertama datang membantu korban kecelakaan.

Baca juga:  Baru Pulang dari Korsel, Tiga TKI Diperiksa di Gerbang Tol Kalikangkung

Ia bergegas menuju ke sumber suara. Saat itu, ia melihat kondisinya sudah porak poranda. Empat kendaraan terguling. Dua sepeda motor hancur. Seorang pengendara motor tewas dengan kondisi mengenaskan. Korban adalah pengendara motor Yamaha Mio yang belum diketahui identitasnya. Ia mengalami luka di bagian kaki dan perut. Jenazahnya dibawa ke RSUD Salatiga.

Sedangkan korban luka pengendara Yamaha Jupiter Lilik Juisno, 37, warga Dusun Kebonagung RT 02 RW 01 Desa Kebonagung, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Ia  mengalami luka sekitar kaki.  Korban luka lainnya sopir truk tangki Senawi yang juga mengalami luka pada kaki. “Semua korban dilarikan ke RSUD Salatiga,” katanya.

Pengemudi truk pembawa cabai giling Sugeng Purwanto, 43, menuturkan, saat kejadian ia antre menunggu lampu traffic light yang menyala merah. Sesaat setelah hijau, ia bermaksud melaju. “Tiba-tiba truk saya dihantam dari belakang, dan langsung terguling,” kata warga Wonosobo ini.

Baca juga:  Najelaa Shihab Bagikan Kunci Kemerdekaan Belajar

Setelah tersadar dengan apa yang terjadi, ia berusaha keluar dari truk dan melihat bawaannya sudah berceceran di jalan. Sementara saat evakuasi, dirinya malah kehilangan dompet. “Iya, ini mencari dompet, mungkin tadi terlempar,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Arfian Rizky menuturkan, truk tangki nahas itu melaju dari arah Solo menuju Semarang. Belum diketahui penyebab pastinya. Namun diduga karena gangguan rem. “Truk tangki hilang kendali hingga menabrak dua sepeda motor dan dua truk yang membawa saos dan lombok,” katanya.

Akibat kecelakaan karambol itu, arus lalu lintas sempat terhambat. Petugas yang datang ke lokasi langsung melakukan evakuasi. Petugas PMI, Satpol, Pemadam Kebakaran, TNI, dan Dishub bersama warga ikut bahu-membahu membersihkan lokasi. Arus lalu lintas dialihkan sementara sampai selesai evaluasi. (sas/fth) 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya