alexametrics

Lengger Lanang Mbarang di Pasaraya 2 Salatiga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Aktivis seni tari Salatiga menunjukkan geliatnya. Mereka menggelar tari bersama di Pasaraya 2 Salatiga. Sedikitnya 10 penari yang beraksi di tengah keramaian pasar. Mereka juga ingin melestarikan kesenian tradisional.

“Ini 10 penari dulu. Memang kami ingin menggeliatkan tari di Salatiga karena lama tidak ada kegiatan,” tutur Imam Bintoro, penggagas aksi ini.

Mereka membawakan Tari Ngoser Banyumasan. Aksinya dibungkus dengan temanya Lengger Lanang mBarang. Para penarinya adalah Iman Bintoro alias Yu Wakini, Fransisca Evi, Imam Pujo, Vinka Agata, Atik Widyati, Maria, Heru Arifianto dan Ganesh.

Keberadaan para pria menarikan lengger ini untuk memperlihatkan bahwa laki laki juga boleh menarikan tari genre wanita. “Tetapi yang berdandan ledhek/lengger cuma dua orang yakni aku dan Imam Pujo,” terang dia.

Baca juga:  Dosen UKSW Berdayakan Petani Kopi Lokal

Aksi dimulai dengan model ngamen. Mereka mulai pukul 12.00. Kedua orang yang sudah berdandan lengger memulai aksi dari ujung pasar. Setelah beraksi di pasar raya, mereka pun kembali meneruskan ngamen di beberapa toko. Ia pun membawa kotak saweran. Lebih jauh Imam mengharap gebrakan akhir tahun ini untuk kota Salatiga, agar membangkitkan kembali semangat berseni. (sas/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya