alexametrics

Musim Hujan, Waspadai Penyakit Hewan Peliharaan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Sejumlah pemilik hewan peliharaan ramai-ramai mendatangi Puskeswan Kota Salatiga. Rata – rata mengeluhkan penyakit yang dialami peliharaannya di musim hujan. Mulai dari yang ringan hingga mematikan.

“Iya, ini salah satu mata kucing bengkak. Ternyata kena bakteri. Kemungkinan tertular kucing lain,” kata salah satu pemilik kucing, Andin yang ditemui kemarin.

Lain halnya dengan Nisrina. Kucing miliknya mengalami flu dan muntah. Akibatnya, hewan berbulu abu itu lemas dan tidak mau makan. “Saat ini dingin sekali, semoga bisa kembali aktif,” tuturnya.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Inna Kartikasari melalui Dokter hewan Christina Susilaningsih mengatakan, saat ini memang banyak kucing yang sakit. Selain karena cuaca, juga karena kurangnya kebersihan kandang peliharaan. “Di puskeswan, rata-rata ada sekitar 20 pasien per hari. Hampir 50 persen diantaranya adalah flu kucing, panleu dan calici,” akunya.

Baca juga:  Mahasiswi UKSW Sabet Gelar Duta Genre Jateng

Pencegahan salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan bermain. Kemudian juga vaksinasi, sehingga bisa menjadi benteng pertahanan tubuh hewan. “Virus seperti panleu dan calici memang mematikan kalau tidak ditangani serius,” imbuhnya.

Inna menambahkan, optimalisasi Puskeswan oleh Dinas Pangan dan Peternakan (Dispantan) yang berada di sebelah pasar burung Banyuputih ini terus dilakukan. “Lokasi yang mudah dijangkau masyarakat diharapkan bisa memudahkan pemilik peliharaan dan ternak,” tambahnya. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya