alexametrics

Jaga Kelestarian Alam, Tanam 3000 Pohon

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Sebanyak 3000 pohon ditargetkan bakal ditanam relawan Salatiga. Langkah ini agar daerah tangkapan air akan tetap terjaga kelestariannya.

Koordinator Panitia 1001 Pendaki Tanam Pohon Wulandari mengatakan, tanam pohon bakal dilaksanakan 25-26 Desember. Dilakukan lintas komunitas dari Kota Salatiga, Kabupaten Semarang dan wilayah lain.

Meski kegiatan ini tanam 1001 pohon namun kami target bisa mencapai 3000 pohon. “Lokasi  terbagi di 2 titik Sokowolu Getasan, Bumi Perkemahan Kayon Getasan,” katanya saat beraudiensi dengan Walikota Salatiga Yuliyanto.

Ia menambahkan, tujuan dari kegiatan ini untuk ikut bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam usaha melestarikan alam dan lingkungan di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.  Selain itu tanam pohon ini adalah untuk merapatkan vegetasi karena tangkapan air Kota Salatiga adalah di sana.

Baca juga:  Kebijakan Penanganan Panemi Dianggap Gamang

Sejak 2015 lakukan kegiatan tanam pohon, ada yang ditebang warga dan ada yang roboh maka ini dilanjutkan kembali.  Titik tersebut penting bagi Kota Salatiga karena mata air Kalitaman juga mengandalkan tangkapan dari sana. “Harapannya masyarakat semakin peduli lingkungan karena kondisi memprihatinkan ini karena ulah kita juga,” harapnya.

Komunitas yang akan melaksanakan kegiatan antara lain Tuk, saru, Salatiga peduli, mapala, mahesapala, komunitas karang taruna di Salatiga dan kab Semarang, HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) KASOOS KPG (Komunitas Pendaki Gunung) Salatiga Salatiga Climbing Club (SCC) False Three La Familia Basketball Warga Desa Tajuk, dan lainnya berjumlah minimal 31 komunitas.

Baca juga:  RSPAW Beri Layanan Ambulans Gratis

“Semoga kami bisa memberikan bekal dan kebutuhan lain yang dibutuhkan,” kata Wali Kota Salatiga Yuliyanto. (sas/fth)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya