alexametrics

17.040 Anak di Salatiga Siap Divaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Sebanyak 17.040 anak usia 6-11 tahun menjadi sasaran vaksinasi covid 19. Mereka akan mendapatkan vaksin sinovac.

Juru bicara  Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga dr Prasit Al Hakim mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan target vaksinasi anak. Namun untuk pelaksanaan harus berhati hati. Anak butuh perlakuan khusus. Misalnya, didampingi orang tua, atau keluarganya.

“Selain itu juga mengantisipasi adanya KIPI. Sekalipun berbagai pihak sudah menyebutkan jika vaksinasi ini aman,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini tengah memasuki bulan imunisasi anak sekolah (BIAS). Sehingga siswa kelas 1, 2 dan 5 yang mendapatkan imunisasi tidak bisa langsung di vaksin. “Minimal dua minggu setelah imunisasi baru bisa di vaksin,” ujarnya.

Baca juga:  FIFGROUP Mengajar di SMKN 1 Salatiga

Untuk mekanisme vaksinasi anak akan berbasis sekolah. Dimana tim pelaksana vaksinasi berasal dari puskesmas setempat. Biasanya satu puskesmas ada 2-3 tim. “Dan mereka setiap hari nantinya akan berkeliling ke sekolah sekolah,” tambahnya.

Mengenai waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan vaksinasi anak, bergantung kepada kesediaan vaksin. Jika ada, maka pihaknya akan bergerak cepat melaksanakan vaksinasi. “Tapi kami akan koordinasi dahulu dengan tim. Dan juga lintas sektor. Termasuk didalamnya dinas pendidikan,” tambahnya.

Sampai saat ini DKK masih menyimpan sekitar 5000 vaksin sinovac. Jumlah itu diperuntukan vaksin dosis kedua warga. Tahun 2022, vaksin sinovac akan dikhususkan untuk anak.

Dokter Nunung Setyowati dari puskesmas Sidorejo Lor mengaku pihaknya siap melakukan vaksinasi anak. Disebutkan jika Sidorejo memiliki banyak sekolahan. “Maka diperlukan koordinasi dengan dinas terkait,” tambahnya. (sas/fth)

Baca juga:  IAIN Salatiga Sambut Transformasi Menjadi UIN

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya