alexametrics

Aklamasi, Sofyan Pimpin Peradi Ungaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Mohammad Sofyan SH secara aklamasi terpilih sebagai ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Ungaran periode 2022-2027. Pemilihan dilakukan dalam Konfercab yang dilaksanakan di Rumah Makan Mas Karebet Exit Tol Tingkir Salatiga.

Mohammad Sofyan selaku ketua sekaligus sebagai Formatur yang didampingi oleh 2 orang Mide Formatur yaitu  Anjas Wijayanto, SE, SH, M.Kn dan  Cd. Dr. Sunarto, SH, MH akan  bertanggung jawab membentuk kabinet Kepengurusan maksimal dia Minggu. Dan dilaksanakan pelantikan Pengurus dengan waktu yang secepat cepatnya.

Dalam musyawarah juga memutuskan jika DPC Peradi akan menggunakan nama DPC Peradi Ungaran bukan Kabupaten Semarang. Sebab yurisdiksi hukum menggunakan nama ibu kota Ungaran sebagaimana penyebutan Pengadilan Negeri adalah Pengadilan Negeri Ungaran bukan Pengadilan Negeri Kabupaten Semarang. “Advokat harus terlibat aktif dalam semua proses penegakan hukum di wilayah Kabupaten Semarang,” kata Sofyan.

Baca juga:  TNI AU Salurkan 300 Paket Sembako untuk Warga Salatiga

Ia menambahkan, Peradi Ungaran harus memainkan perannya sebagai penegak hukum yang merupakan representasi dari civil society dan para pencari keadilan (sustainable) agar  secara tepat bertindak sebagai bagian stakeholder dalam lingkup Muspida Kabupaten Semarang. “Kami akan terus mengawal dan memastikan kasus hukum bisa adil,” tegasnya.

Ketua Korwil Peradi Jateng Dr. HD Djunaedi mengatakan, karena masih banyak sekali kasus-kasus hukum yang belum terselesaikan dengan tuntas. Fenomena seperti itu telah banyak menimbulkan perdebatan. “Khususnya terkait pemikiran relevansi penegakan hukum dengan nilai-nilai keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Pengurus Korwil PERADI Jateng Cdt. Dr. Badruzzaman menyampaikan Advokat sebagai salah satu unsur sistem peradilan merupakan salah satu pilar dalam menegakkan supremasi hukum dan hak asasi manusia. Selain dalam proses peradilan, peran Advokat juga terlihat di jalur profesi di luar pengadilan. “Tugas advokat tidak mudah, semua harus sesuai dengan aturan untuk menegakan keadilan,” tambahnya. (sas/fth) 

Baca juga:  Sambut Pemudik dengan Pameran Lukisan Jadul

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya