alexametrics

Tangkal Kekerasan Seksual, LPAI Jateng Gencarkan Kampanye di Sekolah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Jawa Tengah terus berupaya untuk menangkal kekerasan seksual.  Salah satunya dengan pelatihan sebaya. Cara ini cukup efektif, terutama disaat penanganan darurat.

“Karena komunikasi antar sebaya lebih lancar dan pesan tersampaikan,” kata Psikolog Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Jawa Tengah Wike Diah Anjaryani saat mengisi kegiatan Dialog Remaja OSIS SMPN 2 Salatiga.

Ia menambahkan kegiatan ini bermanfaat untuk memberikan edukasi, komunikasi dan informasi kepada anak. Tentang isu kekerasan terhadap anak terutama pelecehan seksual. “Apalagi saat ini kasus ini terus meningkat. Jadi butuh perhatian serius bersama,” ujarnya.

Dalam pelatihan, Wike memberikan sejumlah tips pencegahan pelecehan seksual  dan memberikan cara untuk perlindungan diri bagi anak. Kegiatan ini berupaya meminimalkan kasus pelecehan seksual dan memberikan pendidikan cara penanganan darurat saat terjadi kasus pelecehan seksual di antara mereka. “Sekolah harus bisa memiliki buku saku tentang pencegahan kekerasan seksual. Buku bisa disusun dengan melibatkan partisipasi anak anak,” tambahnya.

Baca juga:  Pulihkan Kepercayaan, Bank Salatiga Gandeng Kejaksaan

Dialog semakin menarik dengan diskusi yang berkembang. Sebelumnya, acara yang diikuti kurang lebih 300 siswa ini dibuka sambutan kepala sekolah Mujiyati. “Acara ini sangat bagus sehingga memberikan edukasi kepada siswa untuk bersama mencegah kekerasan seksual,” tambah Mujiyati. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya