alexametrics

Lulusan IAIN Dituntut Terus Inovatif

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy meminta para wisudawan mengoptimalkan ilmu yang didapat agar kinerja semakin prima.  Pesan tersebut disampaikan dalam Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Ke-15 IAIN Salatiga yang dilaksanakan dengan metode blended event Sabtu (20/11).

Metode tersebut memungkinkan sebagian wisudawan hadir secara langsung dalam prosesi wisuda yang dilaksanakan di gedung Auditorium dan Student Center, Kampus III IAIN Salatiga.

Kegiatan itu dihadiri 27 wisudawan berprestasi akademik dan 39 wisudawan berprestasi non-akademik dari masing-masing fakultas serta 40 orang tamu undangan yang terdiri dari kepala program studi, kepala bagian, dan kepala UPT di lingkungan IAIN Salatiga. “Alhamdulillah kali ini kita dapat melaksanakan prosesi wisuda dengan lancar walaupun belum seutuhnya luring. Semoga dengan menurunnya level PPKM, kita bisa menggelar wisuda luring pada periode wisuda mendatang,” ujar Rektor IAIN Salatiga.

Prof. Zakiyuddin menambahkan selama pandemi, banyak inovasi yang diciptakan oleh sivitas akademika IAIN Salatiga seperti Konsultasi Fiqh oleh Mahasiswa, Pojok Pajak, Lembaga Bantuan Hukum Islam, TaryaEdu, dan inovasi lainnya yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

“Inovasi inilah yang dapat mendorong dan membantu IAIN Salatiga untuk menaikkan predikat satuan kerja Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani,” ujarnya.

Selain itu, Rektor IAIN Salatiga juga menyampaikan progress alih status IAIN Salatiga menjadi universitas. Proposal alih status kita sudah sampai di Kemenpan-RB. Semoga proses selanjutnya dapat dilewati dengan lancar. Selain itu, IAIN Salatiga juga sedang berproses menjadi satuan kerja Badan Layanan Umum/BLU. “Dengan berubahnya IAIN Salatiga menjadi BLU diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik,” tambahnya.

Bagi wisudawan yang ingin melanjutkan studi, sekarang IAIN Salatiga sudah membuka lima prodi di jenjang magister dan satu prodi di jenjang doktoral. “Nantinya IAIN Salatiga juga akan menambah prodi lainnya terutama di bidang saintek,” tambahnya.

Ketua Panitia Wisuda Ke-XV, Prof. Saerozi menambahkan, 870 mahasiswa yang diwisuda rinciannya 31 orang wisudawan program pascasarjana strata dua dan 839 orang wisudawan program sarjana strata satu. Pada wisuda kali ini, fakultas dengan wisudawan terbanyak adalah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang meluluskan 398 wisudawan termasuk enam orang dari program Kelas Khusus Internasional.

“Sedangkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam meluluskan 205 wisudawan, Fakultas Dakwah meluluskan 104 wisudawan, Fakultas Syariah meluluskan 70 wisudawan, serta ada 68 wisudawan dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora,” tambahnya. (sas/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Lainnya

Siapkan Visi Misi PJ Wali Kota

Kandang Ayam Terbakar, Motor Ikut Hangus

Cuaca Buruk, Jalur Doro-Petungkriyono Longsor Parah

Antisipasi Omicron, Skrining Pekerja Wisata

Populer

Artikel Menarik Lainnya