alexametrics

Guru SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Luncurkan Lima Buku Guru dan Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Prestasi terus ditorehkan oleh SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Kali ini, mereka meluncurkan lima buku. Karya siswa dan guru. Lima buku itu adalah Goresan Tinta; Di Bawah Pohon Dukungan, Kita Bercerita; Politik Pendidikan dan Kepemimpinan; serta Tahfidz Munfashil (Cara Mudah Menghafal Al Quran) jilid 1 dan 2.

Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Sutomo menuturkan, ide membuat buku terkait dengan gerakan literasi di sekolah. Selama ini semua sering membaca buku, namun kali ini ada aksi lebih yakni menulis.

Buku Di Bawah Pohon Dukungan, Kita Bercerita berisi kumpulan sajak para siswa SMP Muhammadiyah plus. Buku setebal 75 halaman ini berisi pikiran kreatif para siswa. Kemudian buku Goresan Tinta  berisi tulisan para guru.

Baca juga:  Pemkot Salatiga Hibahkan Mobil Ambulans ke PCNU

Setidaknya ada 26 tulisan di dalam buku setebal 77 halaman tersebut. “Kita membentuk tim untuk membuat buku ini. Hal ini dirasa penting literasi sehingga kita mendokumentasikan kedalam buku,” tutur Sutomo.

Ada satu buku lagi yang belum sempat diluncurkan. Yakni Jalan Panjang Kepala Sekolah Inspiratif. Sutomo tahun lalu meraih prestasi sebagai kepala SMP Inspiratif nasional GTK Dikdas Kemendikbud 2020.

Ketua Tim Buku Winanti Sekarang Utami menambahkan, proses pembuatan buku cukup cepat. Tim berisi lima orang guru. Semua berfungsi dari editor hingga percetakan. “Tidak semua guru bisa menulis seperti yang diharapkan. Hal yang sama untuk tulisan siswa. Jadi kita melalukan editing dan selesai lima buku,” jelasnya.

Baca juga:  Empat Pengedar Narkoba Dibekuk

Dengan diluncurkannya lima buku ini, diharapkan bisa memacu minat para siswa dan guru untuk semakin gemar menulis. Sehingga bisa keluar buku buku lain dari SMP Muhammadiyah Plus. (sas/ton

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya