alexametrics

Hemat Anggaran, Pemkot Salatiga Perketat Pembelian BBM Kunjungan Kerja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Pemkot Salatiga melakukan pengetatan pembelian bahan bakar minyak (BBM) untuk kunjungan kerja dinas di tahun 2022. Pengetatan ini bisa menghemat anggaran daerah hingga Rp 6 miliar.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat ditemui Radar Semarang kemarin (16/11/2021) siang. “Ini harus dilakukan. Pengetatan anggaran BBM dinas ini menjadi salah satu yang bisa dilakukan. Dan nyatanya bisa,” ujar Yuliyanto.

Di sisi lain, tunjangan prestasi para ASN tetap. Dimana beberapa wilayah lain, dimasa pandemi ini ada potongan. Namun ASN Salatiga tidak dipotong. Bahkan ada kenaikkan.

“Kebijakan seperti ini tidak serta merta. Melainkan ada mendalam. Salah satunya adalah memikirkan perputaran uang. Harapannya dengan tetapnya TPP maka ASN akan membelanjakan di sekitarnya. Dengan demikian ekonomi bergerak,” jelasnya.

Baca juga:  Konservasi Daerah Tangkapan Air Tanah di Salatiga

Menurutnya, selama pandemi ini jumlah UMKM melonjak. Salah satu sebabnya adalah perubahan pekerjaan. Ada usaha yang tutup, kemudian mantan pegawai memilih merintis usaha baru. Hal semacam itu jumlahnya sangat banyak.

Upaya untuk menggenjot ekonomi juga dilakukan berbagai pihak. Ketua DPRD Dance Ishak Palit menuturkan bahwa UMKM mikro bakal mendapatkan kemudahan untuk mengakses modal tambahan.

“Sedang disiapkan pinjaman lunak tanpa bunga melalui bank Salatiga. Bunga nantinya disubsidi pemerintah,” jelas Dance. (sas/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya