alexametrics

Pemkot Salatiga Terima WTP Kelima, Kado Istimewa di Akhir Tahun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Jelang akhir Tahun 2021, Kota Salatiga menerima kado penghargaan piagam opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan RI. Raihan prestasi opini WTP kelima kalinya secara berturut-turut ini diserahkan Menteri Keuangan, melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Semarang II kepada Pemerintah Kota Salatiga di Rumah Dinas Wali Kota.

WTP merupakan apresiasi penilaian tertinggi yang selama ini menjadi motivasi pengakuan kinerja dari setiap daerah. Wakil Wali Kota Salatiga Dr Muh Haris didampingi Inspektur Kota Salatiga Prasetyo Ichtiarto dan Kepala BPKPD Slamet Setyo Budi saat menerima plakat dan piagam tersebut, menyampaikan terima kasih atas bimbingan KPPN Semarang II dan kerja samanya dengan Pemerintah Kota Salatiga pada tahun terakhir RPJMD 2017-2022.

Baca juga:  Geger! Warga Pulutan Salatiga Temukan Pria Gantung Diri di Kebun Belakang Masjid

“WTP lima kali ini menjadi simbol keberhasilan Pemerintah Kota Salatiga dalam membuat laporan keuangan dan keterbukaan,” kata Haris.

Ia menambahkan seperti yang sering didengar, akuntabilitas dan transparansi merupakan ciri negara modern, oleh karena itu harus dijaga kondisi yang sudah dicapai ini pada masa-masa yang akan datang. “Ini prestasi  yang membanggakan,” ujarnya.

Kepala KPPN Semarang II Sugiarso mewakili Menteri Keuangan  menambahkan, opini WTP dari BPK untuk Kota Salatiga sudah diberikan lima kali berturut-turut. Hal ini menunjukkan bahwa kepatuhan Pemerintah Kota Salatiga terhadap peraturan dalam menyusun laporan keuangan daerah, telah sesuai dengan standar akuntansi,  efektivitas pengendalian internalnya bagus, serta pengungkapan atas seluruh transaksi bisa diyakini oleh BPK. “Atas raihan itulah maka Pemerintah melalui Menteri Keuangan memberikan apresiasi WTP,” tambahnya.

Baca juga:  Wujudkan Masyarakat yang Waras, Wareg, dan Wasis

Ia menambahkan biasanya kalau tidak pandemi, Pemerintah Daerah dipanggil ke Jakarta. Tapi pada dua tahun ini, oleh Menteri Keuangan, plakat dan piagam diserahkan melalui kantor vertikal keuangan terdekat yang memiliki wilayah, dalam hal ini adalah KPPN Semarang II.  (sas/fth) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya