alexametrics

Koleksi Bertambah, Museum Salatiga Butuh Tempat yang Lebih Representatif

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Museum Salatiga menyelenggarakan kegiatan Gelar Konservasi benda koleksi. Kegiatan diselenggarakan pada 8 hingga 12 Oktober 2021.

Tujuannya, merawat, melindungi koleksi, dan menghindari terjadinya kerusakan atau kemusnahan benda koleksi museum sekaligus sebagai kegiatan pembinaan sejarah kepada masyarakat.

Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Museum Indonesia 2021 yang mengangkat tema “Bersama Museum Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Kasi Sejarah, Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga Panji Hanief Gumilang mengatakan, museum Salatiga menyimpan Prasasti Plumpungan sebagai sumber literasi penting sejarah berdirinya Kota Salatiga. “Sebagai kota tertua di Indonesia setelah Palembang,” ujarnya.

Kegiatan konservasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga juga merangkul komunitas – komunitas penggiat museum,seperti Komunitas Sahabat Museum dan Komunitas Salatiga Heritage.

Baca juga:  Predator Anak Kandung di Salatiga Divonis 15 Tahun Penjara

“Kebutuhan akan bangunan museum yang lebih representatif sangat dirasakan seiring dengan bertambahnya jumlah temuan koleksi benda cagar budaya. Namun juga meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan untuk belajar sejarah,cagar budaya,dan permuseuman,” imbuhnya.

Diterangkan dia, museum sebagai representasi kebudayaan sebuah daerah, sering menjadi destinasi pertama yang wajib dikunjungi. Kehadiran museum memiliki arti penting bagi masyarakat juga suatu bangsa. Museum mempromosikan keberagaman identitas melalui presentasi benda koleksi dan display budaya. (sas/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya