alexametrics

Dispantan Salatiga Razia Produk Olahan Daging

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Kota Salatiga melakukan razia pengawasan penjualan produk hewan. Retail, meat shop, dan pelaku usaha produk hewan, menjadi sasarannya.

Medik Veteriner Dispantan Kota Salatiga drh Christina Susilaningsih menuturkan, kegiatan dilakukan selama dua minggu. “Kami melakukan pengawasan dan penertiban rutin setiap empat bulan sekali,” jelas Christina.

Semua produk yang berasal dari hewan seperti niger, sosis, telur, dan bakso menjadi sasaran pemantauan. Kali ini, pemantauan dilakukan di delapan titik yakni tiga pelaku usaha dan lima retail.

“Yang diawasi adalah batas kedaluwarsa, ada tidaknya nomor kontrol veteriner (NKV), cara penyimpanan produk (suhu penyimpanan), dan penataan produk,” jelas dia.

Baca juga:  Alih Status Menjadi UIN di Depan Mata

NKV harus ada. Itu merupakan sertifikat penjaminan keamanan pangan produk asal hewan. Lebih jauh, jika saat ini masyarakat sudah aware dengan kualitas produk, masyarakat banyak yang memilih produk higienis dengan penyimpanan yang baik. Meski harga sedikit lebih mahal. “Kendati begitu, dalam waktu dua minggu pemantauan, kami tidak menemukan adanya pelanggaran,” tandasnya. (sas/bas) 

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya