alexametrics

3.800 PKL dan Warung di Salatiga Terima Bantuan Rp 1,2 Juta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Sebanyak 3.800 pedagang kaki lima dan warung mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 1,2 juta. Disalurkan pemerintah melalui Polres Salatiga.

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana menjelaskan, bantuan selanjutnya akan diserahkan di lokasi masing-masing penerima berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas.

Penerima bantuan adalah daerah level 4 berdasarkan Inmendagri Nomor 27/2021, untuk Jawa Tengah. Terdapat 23 wilayah yang menerima, termasuk Kota Salatiga. Profesi yang berhak menerima adalah pedagang asongan, pedagang menggunakan sepeda, pedagang menggunakan gerobak, pedagang menggunakan tenda, warung tegal/nasi, warung kopi, dan warung rokok.

Catatan penerima bantuan adalah yang tidak pernah mendapat bantuan. Dengan  pendaftaran melalui internet dengan validasi NIK. Jika diketahui sudah pernah mendapat bantuan tidak akan mendapatkan kembali.

Baca juga:  Pertahankan Zona Bebas Rabies, Rutin Vaksinasi Gratis

“Untuk yang diserahkan di Mapolres hari ini (kemarin) sebanyak 40 pedagang,” beber kapolres.

Sistem pendataan, lanjut kapolres, berkoordinasi dengan Dinas Koperasim Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata. “Bhabinkamtibmas yang terjun langsung mengecek dan mendata warga,” terangnya.

Sementara, wali kota meminta agar bantuan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selain Polres, nanti bantuan juga akan disalurkan melalui Kodim. “Nanti Pak Dandim 0714/Salatiga juga akan serahkan bantuan 6.000 bantuan, jadi total nanti sekitar 10.000,” kata Yuliyanto.

Menurut Yuliyanto, kondisi sekarang sudah mulai membaik. Harapannya para pedagang tetap sehat dan bisa beraktivitas kembali, jualan kembali, diberi rizki yang barokah.

Salah seorang penerima, Siti Fajriah, mengaku senang medapatkan bantuan tersebut. Warga Ledok itu, memiliki usaha pembuatan getuk singkong di rumah. “Saya dulu dimintai fotokopi KTP dan data dari Dinsos untuk diusulkan bantuan. Rencananya buat tambah-tambah beli peralatan dan kebutuhan lainya,” ujarnya.

Baca juga:  Redesain Layanan Bimbingan dan Konseling

Sementara Nugroho warga Kalibening penjual jus buah yang buka Kalibening juga senang. “Alhamdulillah seneng. Rencana uangnya buat tambah modal,” ungkapnya. (sas/zal) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya