alexametrics


Tingkir Lor Kembangkan Wisata Digital

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Desa Wisata Tingkir Lor meraih Juara 1 Foto Desa Wisata Terbaik menggunakan smart phone dalam ajang Bakti BCA – Desa Wisata Award 2021. Tak hanya itu, desa ini juga lolos ke tiga besar kategori Desa Wisata Digital Tingkat Nasional pada ajang yang sama. Tingkir Lor merupakan salah satu desa binaan Program Studi Destinasi Pariwisata Fakultas Interdisiplin Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Ketua Program Studi Destinasi Pariwisata UKSW Aldi Herindra Lasso menuturkan, Desa Wisata Tingkir Lor mempromosikan pemanfaatan teknologi dalam pengembangan pariwisata. Menurutnya, ada 3 hal yang dilakukan yaitu penggunaan buku tamu digital, penggunan sistem Informasi dan penggunaan aplikasi zoom berbayar.

“Penggunaan buku tamu digital dilakukan sehingga Desa Wisata Tingkir Lor saat ini sudah mempunyai data base pengunjung. Selain itu, dengan penggunaan Sistem Informasi Geografi, pengunjung dimudahkan karena memperoleh informasi berupa lokasi dan daya tarik wisata melalui gawai masing-masing,” papar Aldi.

Hal tersebut juga menjadi jawaban kurangnya tenaga pemandu wisata yang berakibat pada terbatasnya informasi objek wisata yang diterima oleh wisatawan.

Sementara itu, pengembangan teknologi lainnya yang diterapkan adalah penggunaan aplikasi zoom berbayar sebagai wisata daring bagi para pengunjung yang tidak dapat hadir secara langsung. Semua inovasi tersebut dikombinasikan dengan pemanfaatan sepeda untuk berkeliling dari satu objek wisata ke objek lainnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Svarna Gatra Tri Mas Hudi berharap Desa Wisata Tingkir Lor dapat semakin maju. “Tidak hanya mampu mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri tetapi juga dengan potensi yang dimiliki, desa wista Tingkir Lor dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi desa-desa wisata lainnya,” tuturnya.

Lurah Tingkir Lor Asro’i mengatakan, kemenangan ini merupakan langkah awal dalam upaya memperlihatkan pada masyarakat bahwa Tingkir Lor layak dijadikan sebagai destinasi wisata. (sas/ton)

 

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya