alexametrics

Pelukis Kaki Mentori Puluhan Pelajar Salatiga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Puluhan pelajar berlatih melukis di kanvas. Mereka memulai dengan teknik dasar. Mulai dari garis perspektif, pengenalan warna hingga terang gelap lukisan. Kegiatan dilaksanakan di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Salatiga Minggu (6/9/2021) pagi.

Mereka belajar kepada Sabar Subadri. Pelukis kaki asal Salatiga yang sudah mendunia. “Setelah memberi garis. Kemudian membuat perspektif benda yang akan digambar. Besar kecilnya,” terang Sabar di hadapan para pelajar.

Salah satu peserta Karisa dari SMA 2 senang dengan pelatihan ini. Ia mengaku baru pertama kali mengenal teknik dasar melukis. ” Banyak kesulitan yang ditemui. Mulai dari garis, bentuk hingga mencampur warna,” ujar Karisa.

Hal sama diungkapkan Nayaka dari SMK PGRI Salatiga. Meski pernah melukis, ia mengaku belum terbiasa menggambar di kanvas. “Pengalaman baru,” ujarnya sambil mencampur cat warna.

Baca juga:  Bertasamuh sebagai Sikap Rukun Damai Antar Umat Beragama

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yayat Nurhayat menuturkan, kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan kreativitas para pelajar. Selain itu juga memberikan pemahaman mengenai teknik melukis yang dipaparkan langsung oleh ahli di bidangnya.

“Kegiatan ini baru awal. Nantinya akan berkelanjutan dan harapannya bisa terus mengembangkan potensi melukis di masyarakat, utamanya generasi muda,” tutur Yayat.

Kasi Pembinaan Rinaldi Anggoro Sakti menambahkan, ini merupakan pelatihan literasi berbasis inklusi sosial. Yakni mendekatkan masyarakat kepada pengetahuan yang selama ini belum diketahui.

“Nanti ada beberapa pelatihan lainnya seperti teknik menganyam,” imbuhnya. (sas/zal) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya