alexametrics

Angkat Penyelewengan Dana Bansos dalam Kesenian Cimpleng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kondisi sosial sekaligus kritik dibungkus dalam pertunjukkan Cimpleng. Kesenian khas Salatiga. Kegiatan digelar FK Metra Trisala dalam rangka Lomba Pentas Pertunjukan Rakyat (Pentura) tingkat Jawa tengah. Pentas mengangkat penyelewengan dana bansos Covid-19 tersebut digelar di Pendopo Pakuwon Setda Kota Salatiga kemarin.

Pentas terdiri cerita satu babak yang berlokasi di warung Kopi Yudarmi/Angkringan Yudarmi. Dimulai dari keluhan Yudarmi (seorang yang kurang pendengarannya) mengenai situasi pandemi saat ini. Cerita keluahan Yudarmi makin seru dengan mampirnya tokoh Endah, seorang sosialita, Pak RT dan Ketua Karang Taruna setempat yang sedang hangat membicarakan pandemi dan isolasi mandiri. Makin heboh lagi dikabarkan Endah sang sosialita kena Covid dan Kadus terbongkar atas penyelewengan bansos.

Baca juga:  Tangani ODGJ dan PGOT, Dinsos Semarang Libatkan Masyarakat

Ceritanya tentang kebijakan Jaga Tangga, di mana warga saling menjaga saat pandemi  Covid-19. Ternyata bantuan yang disalurkan pemerintah lewat desa disunat oleh Pak Kadus. Meski warga protes tidak diberi ruang oleh Pak Kadus. Namun berkat aduan warga ke Pak Lurah lewat WA, akhirnya kecurangan diketahui. Pak Lurah dengan bijaksana memberikan pembinaan kepada Pak Kadus, dan memerintahkan kepada Pak RT untuk terus menggiatkan Jaga Tangga.

Pengurus FK Metra Didik Bibasari menjelaskan, pentas ini dilaksanakan guna mengikuti Lomba kesenian FK Metra tingkat provinsi.

Dwi Ariani dari Kominfo berharap ke depan kesenian Cimpleng lebih sukses. “Yang lebih penting anggaran tidak terkena refokusing kembali,” komentar singkatnya.

Baca juga:  Seragamkan Protokol Kesehatan Tempat Ibadah

Sesepuh Cimpleng Salatiga Mbah Winardi, mengacungi jempol pentas bisa ditampilkan oleh anak muda. “Saya tidak berharap muluk-muluk yang terpenting Salatiga eksis. Semoga Cimpleng akan mengena di masyarakat,” harapnya. (sas/zal) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya