alexametrics

536 Orang Berebut Kursi Perangkat Desa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Sebanyak 536 peserta dari 57 desa di wilayah Kabupaten Semarang mengikuti Tes Seleksi Perangkat Desa di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Tes seleksi yang diadakan selama 4 hari mulai Selasa (24/8/2021) dan berakhir Jumat (27/8/2021) ini diselenggarakan oleh Center for Public Accountability (CPA) dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).

Ketua CPA Prof Intiyas Utami mengatakan bahwa tes seleksi yang dilakukan terdiri dari tes tertulis, komputer dan wawancara. “Tes seleksi yang kami lakukan dilaksanakan dengan akuntabel untuk menghasilkan perangkat desa yang layak dan siap menjalankan tata kelola desa yang baik. Harapannya kompetensi SDM yang unggul di desa akan membawa kemajuan dan percepatan pembangunan desa, khususnya di wilayah Kabupaten Semarang,” terangnya.

Baca juga:  Sambut Hari Pahlawan, Petugas Pelayanan SIM dan Samsat Salatiga Berkostum ala Pejuang

Lebih lanjut Intiyas menuturkan tes seleksi ini dilakukan untuk 82 formasi perangkat desa seperti kepala dusun, sekretaris desa, kepala seksi pemerintahan, kepala seksi pelayanan, kepala seksi kesejahteraan, kepala urusan umum dan perencanaan, kepala urusan keuangan dan sejumlah formasi lainnya. “Dalam seleksi ini, UKSW melalui CPA hanya melakukan seleksi saja, hasilnya kami berikan kepada tim seleksi desa untuk ditetapkan di desa masing-masing,” katanya.

Dalam melakukan seleksi, CPA juga melibatkan dosen dari Fakultas Psikologi dan juga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Dalam upaya menerapkan protokol kesehatan, ada 11 ruang kelas yang digunakan baik di lingkungan FEB maupun Laboratorium Microteaching dan PPKN dan 4 laboratorium komputer untuk tes tertulis dan komputer. (sas/ton) 

Baca juga:  Artikel Populer Harus Mudah Dipahami Pembaca

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya