alexametrics

Harus Sedia Rp 54 Juta untuk Sewa Ruko Blok F, Pedagang Menjerit

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Para penyewa ruko blok F Pasaraya 2 Salatiga mengeluhkan mahalnya harga perpanjangan kontrak rukonya. Mereka meminta Pemkot Salatiga mengkaji ulang harga sewa, terlebih di masa pandemi ini.

Di blok F terdapat 16 ruko. Ruko di blok F yang paling kecil memiliki ukuran 3 x 7 meter. Terdiri dua lantai. Ada juga yang agak lebar. Dinas Pasar mematok harga Rp 27 juta per tahun. Dan minimal harus diperpanjang dua tahun. Sehingga pedagang minimal harus menyiapkan dana Rp 54 juta. Di antara 16 ruko itu, yang paling ramai pembeli adalah sate sapi Suruh, toko emas Safira.

Blok tersebut sebelumnya dihuni dengan alas HGB selama 25 tahun. “Dulu sewa mulai 1996. Namun karena ada masalah hukum, baru bisa dihuni pada tahun 2000 dan selesai Mei 2021,” tutur Zuhri, salah satu pengguna ruko. Ia menilai angka yang ditawarkan pemkot terlalu mahal.

Baca juga:  Diprotes, Jam Operasional Berbeda

Hal sama diungkapkan Yeyen, pengguna kios lainnya. Ia mengaku kondisi pasar saat ini sangat berat. Untuk menyisihkan uang Rp 2 jutaan per bulan sangat sulit. “Kadang sehari blong gak ada pembeli. Kadang ya satu dua dengan keuntungan yang minim,” ujar Yeyen di kiosnya, kemarin.

Hal senada diungkapkan Yani, di ruko lainnya. Ia meminta pemkot memahami kondisi pedagang. “Saat PPKM ketat, bisa dikatakan seminggu hanya buka tiga hari. Itupun hanya sampai jam 2 siang,” terang dia.

Terpisah, Kepala Dinas Pasar Kota Salatiga Kusumo Aji mengaku penetapan angka sewa berdasarkan pengkajian tim appraisal. “Ini appraisal sudah memakai tim independen. Tentunya sudah mempertimbangkan semua aspek, termasuk kondisi pandemi saat ini,” terang Aji.

Baca juga:  Kembalikan Tradisi Pengemasan dengan Daun Pisang

Ia menyebutkan, blok itu sebelumnya dikelola pihak ketiga. Namun kini kontrak selesai dan sudah diambil alih oleh pemkot. Jika memang pedagang keberatan dengan angka tersebut bisa menyampaikan ke dinas sehingga bisa diisi oleh pedagang lain yang membutuhkan. (sas/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya