alexametrics

Pertahankan Zona Bebas Rabies, Rutin Vaksinasi Gratis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Dinas Pangan dan Peternakakn berupaya mempertahankan Salatiga sebagai zona bebas rabies. Salah satunya rutin menggelar vaksinasi gratis hewan peliharaan, anjing dan kucing.

Medik Veteriner pada Dinas Pangan dan Peternakan Drh Christina Susilaningsih menyebutkan, ada 100 hewan peliharaan yang mendapat kuota vaksinasi gratis ini.  “Terdaftar ada 60 ekor kucing dan 40 ekor anjing. Dilakukan Senin (23/8/2021) pagi,” tutur Christina.

Ia mengingatkan, upaya lain dalam pencegahan rabies adalah menjaga kesehatan peliharaan, rutin melakukan memeriksa kesehatan serta pemberian obat cacing rutin.

“Rabies bisa menyerang anjing, kucing. Kalau ternak tidak,” ujarnya. Vaksin ini bisa juga dilakukan mandiri. Biayanya sekitar Rp. 65-75 ribu.

Baca juga:  Tes Online, Camaba IAIN Tidak Bisa Curang

Ia menyebutkan beberapa gejala yang muncul adalah hewan takut cahaya, takut air, menjadi agresif. “Tiba-tiba menyerang, produksi air liur banyak, kejang, dan ada juga peliharaan mengalami lumpuh,”  terangnya.

Hewan yang terpapar rabies, sangat kecil peluang untuk sembuh. Angka kematian disebutkan mencapai 99 persen. “Dan ini bisa menular ke manusia. Penularan melalui gigitan atau luka sehingga liur hewan masuk ke tubuh,” beber Christina. (sas/zal) 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya