alexametrics

Gotong Royong dan Sinergitas, Kekuatan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Peringatan HUT ke-1271 Salatiga, Wali Kota Yuliyanto SE MM mengikuti peringatan yang dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD Kota Salatiga. Tema tahun ini adalah “Gotong Royong dan Sinergitas Menjadi Kekuatan dalam Menghadapi Pandemi”.

Wali Kota Yuliyanto menuturkan, tahun ini merupakan tahun kedua dimana Hari Jadi Salatiga diperingati dengan penuh kesederhanaan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepatuhan dan ketaatan terhadap penerapan protokol kesehatan (Prokes) sekaligus pemberlakuan PPKM Darurat Jawa Bali yang berlangsung hingga tanggal 25 Juli 2021.

“Meskipun harus diperingati secara terbatas, namun saya berharap supaya Peringatan Hari Jadi pada tahun ini tidak berkurang esensinya. Namun sebaliknya, justru memantik semangat kita bersama untuk terus bergotong royong, bersinergi, dan terus produktif walau di tengah gelombang Pandemi covid -19,” harap wali kota.

Keseriusan Pemkot Salatiga dalam memerangi virus ini terlihat hasilnya. Sungguh merupakan suatu kebanggaan tersendiri ketika mendengar Kota Salatiga berhasil meraih peringkat pertama sebagai Kabupaten/Kota Penurun Mobilitas Terbesar se-Jawa Bali, yakni sebesar -23,84. Tak hanya itu, Kota Salatiga juga termasuk dalam Lima Besar Kota dengan Cakupan Vaksinasi Total Tertinggi, Kota dengan Sebaran Kasus Baru Terendah se-Jawa Tengah, serta Kota dengan Sebaran Kasus Aktif Terendah kedua se-Jawa Tengah.

“Perlu saya sampaikan, jika selain fokus terhadap penanganan pandemi, Pemkot Salatiga juga terus berupaya melaksanakan pembangunan di berbagai lini. Mengingat RPJMD akan berakhir dalam hitungan bulan ke depan,” tandasnya.

Patut disyukuri karena kerja keras tersebut telah mengantarkan Kota Salatiga untuk meraih prestasi baru. Di antaranya Kota Tertoleran, Opini WTP lima tahun berturut-turut, kota dengan Indeks Pembangunan Manusia Tertinggi se-Jawa Tengah, Kota dengan Angka Kemiskinan Terendah Kedua se-Jawa Tengah, dicanangkannya Kota Salatiga sebagai Kota Vanili dan Kota Empat Pilar, terselesaikannya Mal Pelayanan Publik sebagai wujud nyata pelayanan prima yang terintegrasi, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Becek dan Tergenang, Tamansari Shopping Center Dikeluhkan

Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari peran serta lintas sektor, yang disambut positif oleh seluruh lapisan masyarakat. Gotong royong sebagai nyawa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, telah terimplementasikan secara nyata sejak dari akar rumput, sehingga pembangunan maupun penanganan pandemi di Kota Salatiga ini dapat berjalan optimal.

“Melihat sinergi yang erat dari berbagai elemen tersebut, maka pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan terima kasih kepada segenap jajaran Forkopimda dan semua pihak yang selama ini telah bersinergi, memberikan saran dan masukan dalam penyusunan kebijakan, sehingga setiap permasalahan dapat segera tertangani secara optimal, dengan bonus berbagai raihan prestasi,” ujar Yuliyanto.

Dengan penuh rasa hormat, wali kota juga mengucapkan terima kasih kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat, atas teladan yang telah diberikan kepada masyarakat dalam upaya penanganan Covid-19 di Kota Salatiga. Termasuk kepada BUMD maupun dunia usaha, yang tak henti-hentinya memberikan bantuan kepada masyarakat, khususnya yang terdampak Covid-19.

Tidak lupa, Yuliyanto juga berterima kasih kepada seluruh Tenaga Kesehatan yang tersebar di rumah sakit, puskesmas, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya, seluruh tenaga penunjang, serta petugas pemakaman, yang telah menjadi benteng pertahanan terakhir dalam memerangi Covid-19. Serta kepada seluruh ASN, TNI, Polri dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Secara khusus kepada Satpol PP Kota Salatiga yang telah menjaga iklim kondusif, dengan senantiasa mengedepankan sikap humanis saat menegakkan regulasi. Serta kepada tenaga pendidik (Tendik), yang tetap bersemangat memberikan ilmu pengetahuan kepada generasi penerus, walau di tengah keterbatasan.

Baca juga:  Keluarga Pondasi Pembangunan Karakter Bangsa

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada Satgas Covid-19 tingkat kota dengan berbagai kebijakan strategisnya. Juga Satgas Covid-19 Tingkat Kecamatan, Kelurahan, RW, hingga RT atau Satgas Jogo Tonggo, atas kesigapan dan respon cepatnya dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan masyarakat di lingkungan masing-masing. Serta terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah mempublikasikan pemberitaan secara aktual, faktual, dan berimbang.

“Mari melalui Peringatan Hari Jadi ke-1271 Salatiga ini, kita jadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi diri pribadi. Sudah sejauh mana dan sudah maksimalkah kontribusi yang kita berikan kepada Kota Salatiga, terutama di masa pandemi. Dimana hal tersebut bukan lagi menjadi permasalahan parsial, tetapi merupakan tantangan kemanusiaan yang memerlukan solidaritas Bersama,” ajak wali kota.

Masih banyak PR yang harus dikerjakan. Di antaranya menekan jumlah kasus baru, optimalisasi 3T (Tracing, Testing, dan Treatment) guna menekan angka kematian akibat Covid-19, menjaga agar tingkat keterisian ranjang (BOR) berada di angka yang rendah, menjaga ketersediaan oksigen dan alat kesehatan (alkes), serta memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat oleh berbagai elemen.

Baca juga:  Pembangunan Taman Wisata Religi Salatiga Butuh Dana Rp 65 M

Untuk itu, semua pihak harus bersama-sama bangun gotong royong serta sinergitas dalam memerangi Covid-19 melalui peran dan fungsi masing-masing. Tingkatkan kepekaan sosial dan proteksi diri melalui protokol kesehatan 5M, terus memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas. Dengan terus memperketat pelaksanaan protokol kesehatan 5M, diharapkan kurva kasus akan melandai, PPKM Darurat akan dilonggarkan secara perlahan, dan aktivitas akan berangsur pulih seperti sediakal.

Selain itu, Yuliyanto juga menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas meninggalnya tenaga kesehatan, ASN, dan TNI/Polri, yang terpapar Covid-19. Untuk yang masih berikhtiar, tetaplah bersemangat, dan marilah kita berdoa bersama kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, agar senantiasa mengaruniakan kesembuhan, kemurahan, kemudahan, dan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Salatiga.

“Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Selamat Memperingati Hari Jadi ke-1271 Kota Salatiga. Crir Astu Swasti Prajabyah, Semoga Bahagia, Selamatlah Rakyat Sekalian,” sambut Yuliyanto.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Dr Muh Haris SS MSi mengajak seluruh masyarakat untuk terus berdoa dan berikhtiar di ulang tahun yang ke-1271 ini. “Pada masa pandemi Covid-19 ini, kita tetap bisa memberi pelayanan yang terbaik pada warga Kota Salatiga. Kita terus berkomitmen menjaga prokes agar pandemi ini segera berakhir,” harap Haris. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya