alexametrics

Selama Pemotongan Hewan Kurban, Petugas Dilarang Makan dan Minum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga –  Proses penyembelihan hewan kurban akan diawasi secara ketat. Panitia kurban wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) saat menyembelih. Selain itu, selama pelaksanaan juga dilarang makan dan minum.

Seruan itu disampaikan Wali Kota Yuliyanto melalui surat edaran pelaksanaan kurban. Pemkot meminta masyarakat sebisa mungkin memotong hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH). Namun karena kapasitas terbatas, banyak yang memotong mandiri.

“Semua harus mengatur kepadatan dengan membatasi jumlah panitia dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Selain itu,  pemotongan hewan kurban  hanya dihadiri oleh panitia yang langsung menangani proses pemotongan hewan dan daging,” terang wali kota.

Sementara saat menyembelih sapi, petugas harus memaksimalkan penggunakan APD. Pasalnya, proses perobohan dan penyembelihan yang tidak memungkinkan jarak minimal satu meter antar orang.

Baca juga:  Jika Manajemen Organisasi Sudah Baik, Atlet Akan Nyaman dan Berprestasi

“Petugas yang melakukan pengulitan, penanganan dan pencacahan karkas/daging dan jeroan harus menggunakan APD minimal masker, sarung tangan sekali pakai, apron, dan penutup alas kaki,” papar Yuliyanto. Ditambah selama kegiatan pemotongan berlangsung dilarang makan dan minum.

Terpisah, tim pengecek kesehatan hewan kurban dari Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang menyatakan hewan kurban tahun ini lebih sehat.

Hal tersebut dinyatakan setelah tim melakukan pengecekan ke lapangan dan tidak ditemukan hewan kurban sakit.

Kepala Dispertanikap Kabupaten Semarang Wigati Sunu mengatakan, hal ini merupakan sinyal bagus. Karena tidak ditemukan hewan sakit.

“Para penyedia hewan kurban memahami dengan baik terkait merawat hewan kurban sehingga hewan layak,” ungkapnya ketika ditemui saat pengecekan kesehatan di Ungaran Timur Senin (19/7/2021). (sas/ria)

Baca juga:  Kapolda Jateng Puji PPKM Mikro di Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya