alexametrics

Terjunkan Tim, Periksa 1.000 Hewan Ternak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) mengadakan pengobatan masal hewan ternak. Sedikitnya 1.000 hewan ternak diperiksa tim bentukan Dispantan Salatiga.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Inna Kartikasari didampingi drh Christine menuturkan, pengobatan masal dilakukan pada 14 – 28 Juni. Kegiatan tahunan ini, sudah disosialisasikan kepada pemilik hewan, baik kelompok maupun mandiri.

“Semua hewan ternak mulai dari sapi, kambing bahkan ayam, jika ada yang meminta diperiksa,” jelas Inna usai pemeriksaan hewan.

Ditambahkan drh Christine, pemeriksaan dilakukan di 21 titik. Dinas membagi dalam dua tim. Sehari memeriksa dua titik. Tiap titik setidaknya ada 50 ternak.

“Biasanya yang ditemui sakit kulit dan diare pada ternak. Selain faktor sanitasi, juga faktor cuaca yang dingin,” papar Christine.

Baca juga:  Manfaatkan Jabatan untuk Kesejahteraan Masyarakat

Pengobatan dilakukan dengan injeksi ke ternak. Serta obat untuk ternak yang diare. Dari pemantauan awal yang dilakukan, tidak ada penyakit yang serius pada ternak. Disinggung mengenai melonjaknya kasus korona, ia menambahkan, pihaknya menghindari daerah zona merah. Semua dilakukan untuk menjaga kesehatan para petugas.

Kepala Dispantan Nunuk Dartini menjelaskan, pemeriksaan hewan ternak dilakukan untuk memastikan semua sehat. Kebanyakan sapi di Salatiga adalah perah. “Peternak harus menjaga sanitasi kandang agar peliharaan tetap sehat dan bisa produksi susu maksimal,” terangnya. (sas/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya