alexametrics

Bicarakan Pancasila dan Amalkan dalam Pergaulan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga -Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mengajak agar Pancasila harus selalu dibicarakan dan diamalkan dalam pergaulan sehari-hari.

Tema semiloka semacam ini sangat penting.”Kebanyakan dari masyarakat hafal akan Pancasila tapi tidak berperilaku Pancasila,” ujarnya.

Dicontohkan, ada seorang yang rumahnya besar bertembok setinggi rumah, sedangkan disamping rumahnya ada tetangga yang kekurangan. Menurutnya, hal tersebut merupakan sikap yang tidak beradab dan tidak mengamalkan nilai-nilai Pancasila. “Serta masih banyak lagi sikap-sikap yang jauh dari nilai-nilai Pancasila,” papar wawali.

Ajakan disampaikanya dalam pembukaan Semiloka Pemikiran Cinta Tanah Air dengan tema Pancasila dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh, di ruang Plumpungan gedung Setda Senin (14/6/2021).

Baca juga:  Polres Salatiga Turunkan Tim Pemantau Oksigen

Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Salatiga Nugroho Prasetyaningsih menyampaikan, kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan sejarah filosofi, dan nilai-nilai Pancasila.

Selain menyampaikan sejarah perenungan Pancasila oleh Ir Soekarno di pengasingan, Ketua DPRD Dance Ishak Palit juga menceritakan fakta Indonesia. Selain itu pencipta lambang Garuda oleh Sultan Hamid II dari Kalimantan Barat, ini menunjukkan inilah Indonesia. Yang tidak hanya ada di salah satu wilayah tapi keseluruhan. Sebagaimana disampaikan pak wakil wali kota bahwa bisa saja secara implementasi belum tentu mengamalkan.

Dalam penelitian ternyata dalam unsur guru 21 persen tidak memahami Pancasila dan mahasiswa 17 persen. Padahal mahasiswa adalah calon pemimpin. (sas/zal)

Baca juga:  Begini Penampakan Wajah Baru Lapangan Pancasila Salatiga

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya