alexametrics


Siapkan Petugas Khusus Tangani Sampah Pasien Covid-19

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiapkan enam petugas khusus untuk menangani sampah para pasien korona. Mereka mengambil sampah langsung ke rumah pasien.

“Kami sudah menyiapkan petugas yang mengantar drop box dan mengambil sampah dari pasien yang terpapar korona. Diambil langsung tanpa melalui masyarakat,” tutur Sulistyaningsih, kepala DLH Salatiga. Sampah yang terkumpul itu disimpan di TPS limbah B3.

Tren sampah atau limbah covid di Salatiga mulai naik lagi. DLH menangani seluruh sampah medis covid yang ada di rumah singgah sementara (RSS).

Disinggung mengenai sampah masker dari masyarakat umum, ia menuturkan, DLH dan DKK sudah menyosialisasikan bagaimana cara memperlakukan masker bekas. Utamanya kepada pemulung yang ada di tempat pembuangan akhir sampah di Ngronggo.

“Memang kalau masyarakat biasanya di campur dengan sampah domestik. Pemulung sudah diberi pemahaman penanganannya,” jelasnya.

Sementara itu di TPA Ngronggo, banyak pemulung yang tidak menggunakan masker. Selain tidak terbiasa, mereka berdalih jika menggunakan masker membuat sumpek. Susah bernafas.

“Kalau ada masker, ya tidak diambil, ditinggal. Kita hanya mengambil yang bisa dijual atau bisa dimanfaatkan,” tutur Saliyem, di sela kegiatannya memulung. Ia juga mengaku sudah menerima vaksinasi. Menurutnya, di TPA tersebut terdapat sekitar 100-an orang pemulung. (sas/zal) 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer