alexametrics

Belajar Konservasi BCB di Rumah Arca Plumpungan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Belasan pelajar dan mahasiswa dari berbagai wilayah belajar tentang konservasi benda cagar budaya (BCB). Mereka belajar di rumah arca Plumpungan.

Edukasi dilakukan oleh komunitas cagar budaya Salatiga Heritage dan Dinas Pariwisata Salatiga. Para peserta belajar mengenai benda cagar budaya. Mulai dari cara perawatan hingga apa yang harus dilakukan bila menemukan BCB.

“Edukasi ini berisi tentang arti penting pelestarian cagar budaya. Selain itu, juga membantu dinas terkait dalam perawatan benda cagar budaya,” tutur Warin Darsono, tokoh Salatiga Heritage yang memberikan materi kepada peserta.

Kegiatan ini juga berfungsi menghidupkan rumah arca situs Plumpungan Salatiga. Rumah arca sebagai salah satu pusat kegiatan edukasi sejarah dan cagar budaya Salatiga. Benda yang berada di rumah Arca Plumpungan berasal dari abad 8 hingga abad 12.

Baca juga:  PSISa Bakal Dibesut Mantan Pemain PSIS

Minggu depan juga akan dilakukan kegiatan nyerat aksara di daun lontar hingga pembuatan souvenir dari bahan jenitri. Selain itu juga ada pameran foto tempo dulu.

“Semua kegiatan akan diadakan reguler. Selain untuk edukasi, menghidupkan rumah arca situs plumpungan. Diharapkan juga menjadi salah satu daya tarik untuk paket wisata edukasi, ” jelas Warin.

Benda yang menarik koleksi rumah arca antara lain arca tokoh dua sisi dan prasasti Plumpungan. Sementara yang lainnya adalah yoni mini.

Lintang, salah satu peserta yang berasal dari Undip Semarang mengaku antusias dengan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan konservasi benda cagar budaya bisa menjadi bahan edukasi. “Karena anak muda jarang diperkenalkan dengan sejarah. Seperti candi, atau kenjnggalan sejarah lainnya, ” katanya. (sas/zal) 

Baca juga:  100 Atlet Ikuti Kejurprov Anggar Piala Wali Kota Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya