alexametrics

Pernah Belajar di UKSW Salatiga, Rektor: Jozeph Paul Zhang Tak Merepresentasi Karakter Alumni 

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Pelaku kasus dugaan penistaan agama yakni Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoeljono merupakan alumni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Ia lulus dari Fakultas Pertanian (sekarang Fakultas Pertanian dan Bisnis) pada tahun 1996. Sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai.

Rektor UKSW Neil Samuel Rupidara menjelaskan jika pihaknya menyesalkan pernyataan yang dinilai mengandung muatan penistaan agama. UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi.

“Namun kami menilai, tindakannya menyampaikan pandangan pribadi, apalagi yang bersifat subjektif dan kontroversial di ruang digital publik, tanpa mempertimbangkan secara bijaksana konteks Indonesia sebagai negara majemuk menggambarkan ketiadaan sikap fairminded atau adil dalam dirinya,” tutur rektor.

Baca juga:  Stok Habis, DKK Salatiga Tunda Vaksinasi Kedua

Di sisi lain, UKSW memandang sikap pribadinya tidak kompatibel dengan wawasan almamaternya. “Sejak awal berdiri hingga saat ini, UKSW adalah kampus yang mengembangkan ciri-ciri keberagaman komunitasnya, termasuk keragaman etnis dan juga agama. UKSW adalah kampus Indonesia Mini,” terangnya.

Dalam setting komunitas yang seperti itu, UKSW mendidik warga dan terutama mahasiswa-mahasiswanya untuk dapat berpikir dan bersikap peka dan toleran terhadap keragaman latar belakang.

“Mahasiswa UKSW tidak dididik untuk mengekspresikan pandangannya dengan cara-cara yang dapat melukai orang lain. Dalam interaksi-interaksi formal, non formal, maupun informal disetiap kegiatan pembelajaran dan pembinaan mahasiswa di kampus, mahasiswa UKSW dikondisikan untuk menyadari dan mengakui akan realitas kepelbagaian itu,” katanya.

Baca juga:  Pastikan Daging dari RPH Berkualitas

Sebagian warga UKSW memahaminya sebagai mahasiswa yang tergolong pandai saat berstudi di UKSW. Sepatutnya ia kini menjadi seorang pribadi yang lebih matang karena pengalaman – pengalaman hidupnya. “Kami melihat bahwa apa yang dilakukan Shindy Paul adalah sikap pribadi yang tidak mewakili siapa-siapa. Itu tidak merepresentasi karakter alumni UKSW, ” harap Samuel.

Namun, karena masalah ini telah masuk dalam ranah hukum, UKSW karenanya memandang bahwa aparat hukum dapat menangani kasus ini dengan baik sesuai prinsip dan sistem hukum yang berlaku di negeri ini. (sas/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya