alexametrics

Berharap Tahun Depan Izin Universitas Keluar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – IAIN Salatiga menerima visitasi dari Kementerian Agama untuk alih status menjadi universitas. Diharapkan dalam satu tahun ke depan, izin dari pemerintah keluar.

Rektor IAIN Salatiga Prof Zakiyuddin mengatakan, status IAIN sudah berjalan selama enam tahun. Jumlah mahasiswa saat ini sekitar 16 ribu. Jika sudah menjadi IAIN, ia optimistis jumlah mahasiswa melonjak menjadi 20ribuan.

“Sebagai universitas, IAIN harus memiliki keunikan sehingga bisa menarik mahasiswa belajar di sini, ” ujarnya saat penandatanganan kerja sama dengan tiga lembaga di ruang rapat rektorat kemarin.

Hingga saat ini, pihaknya sudah mengirimkan KKN ke 10 negara di Asia Tenggara. Bahkan sudah menjalin kerja sama dengan Korea. “Kami akan terus menambah jejaring untuk mengembangkan lembaga,” katanya.

Baca juga:  IPHI Salurkan Bantuan ke Delapan Panti Asuhan

Sementara itu, penandatanganan kerja sama dilakukan dengan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, Institut Agama Islam (IAI) Tarbiyatut Tholabah Lamongan dan juga Southeast Asian ministers of education organization regional open learning centre (Seameo Seamolec).

Kerja sama dengan Unisnu dan IAI untuk lebih mengembangkan jaringan. Sementara dengan Seameo Seamolec guna peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh.

Rektor Unisnu Dr Sa’dullah Ass’aidi menuturkan, kerja sama ini saling menguntungkan. Kedua lembaga akan saling memberikan masukan jika diperlukan. “Kami sudah ada beberapa program pengembangan pendidikan. Kerja sama ini akan memberikan berkah bagi semuanya, ” tutur Sa’dullah.

Hal senada diungkapkan Dr Alimun Muniroh rektor IAI Tarbiyatut Tholibin. “Kami yang paling muda, kerja sama ini sangat menguntungkan. Banyak hal yang bisa kami pelajari, ” imbuhnya.

Baca juga:  Kebijakan Penanganan Panemi Dianggap Gamang

Sedangkan direktur Seamolec Alpha Amirrachman menjelaskan, pembelajaran jarak jauh itu bukan hanya memindahkan pembelajaran dari kelas ke virtual. “Butuh banyak trik agar materi dipahami,” jelasnya. (sas/zal) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya