alexametrics

Tuntaskan Reforma Agraria di Kauman Kidul

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Kemeneterian ATR/BPN bakal menuntaskan pilot project Reforma Agraria di Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo. Hal itu ditegaskan Direktur Pemberdayaan Tanah Masyarakat Kementerian ATR/BPN Andry Novijandri saat pembukaan rapat sinkronisasi aset dan akses reforma agraria serta pembinaan koperasi di Grand Merapi Ballroom Hotel Laras Asri kemarin.

Menurut Andry, keseriusan itu tampak dengan hadirnya pihak Kementerian ATR/BPN ke kota  berhawa sejuk itu. “Kami sudah ke Salatiga beberapa kali. Ini sebagai bukti bahwa kami serius menuntaskan pilot project reforma agraria di Kauman Kidul,” tegasnya.

Reforma agraria melalui program konsolidasi tanah dimulai pada 2017, 2018 dan 2019. Tahun 2020 karena pandemi Covid-19 program ini terhenti. Namun akan dilanjutkan lagi tahun ini.  KT 2017 dan 2018 sudah melakukan sertifikat 315 bidang dan 330 di 2019. Pada 2021 ini KT akan dilanjutkan dengan target 382 bidang. “Reforma agraria ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kauman Kidul pada khususnya,” ujarnya.

Baca juga:  Siswa Dilarang Keluar Kelas sampai Pelajaran Usai

Sebelumnya, Tenaga Ahli Kementerian ATR/BPN RI Parman Notoatmaja meninjau potensi Koperasi Sitalang Prima Agung Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo. Hadir bersama rombongan Direktur Pengembangan Usaha LPDB-KUMKM (Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kementerian Koperasi dan UKM Jarot Wahyu Wibowo.

Pihak Kementerian ATR/BPN bersama LPDB-KUMKM meninjau lokasi untuk mendorong keberadaan Koperasi SPA Kadul agar lebih berkembang. Bahkan pihak LPDB-KUMKM siap memberikan pinjaman lunak. “Keberadaan koperasi ini diharapkan dapat menjadi lembaga keuangan milik masyarakat Kauman Kidul yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka” jelasnya. (sas/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya