alexametrics

Pemkot Salatiga Tambah 14 PPPK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Sebanyak 14 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) menerima Surat Keputusan (SK) Wali Kota Selasa (2/2/2021). SK Pengangkatan PPPK Pemkot Salatiga formasi 2019 tersebut diserahan langsung oleh Wali Kota Yuliyanto di aula BKPSDM Kota Salatiga. Terdiri dari 12 Guru SD/SMP Negeri dan dua penyuluh pertanian.

Yuliyanto menyampaikan, PPPK merupakan hal baru dalam dunia pemerintahan. Namun, dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan jika ASN terbagi menjadi dua, yakni PNS dan PPPK. Perbedaannya, jika PNS diangkat sebagai pegawai tetap dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional, sedangkan PPPK diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah.

Baca juga:  Pemenuhan SDGs, UKSW Masuk Perangkingan Times Higher Education

“PPPK memiliki batas pelamaran yang lebih panjang. Jika usia pendaftar CPNS dibatasi umur 35 dan 40 untuk jabatan tertentu, PPPK dapat melamar suatu jabatan ASN dengan batas usia pelamaran hingga 1 tahun sebelum batas usia pensiun jabatan yang dilamar,” terangnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Salatiga, Ir Mustain menjelaskan, perjanjian kerja dimulai dari Januari 2021 hingga Desember 2025. Akan di-update dan dievaluasi untuk perjanjian berikutnya.

“Jadi, untuk 12 PPPK guru ini nanti masing-masing akan menerima gaji pokok sebesar Rp 2.966.500. Kita bandingkan dengan PNS, gaji pokok golongan IIIA sebesar Rp 2.500.000. Sedangkan untuk dua PPPK penyuluh setara dengan PNS golongan 2A yang akan menerima gaji pokok sebesar Rp 2.325.600,” terang Mustain. (sas/zal)

Baca juga:  MUI Bentengi Pelajar dari Narkoba

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya